HAMBATAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

OBSTACLES FACED BY ENGINEERING EDUCATION STUDENTS IN IMPLEMENTING THE INDEPENDENT LEARNING INDEPENDENT CAMPUS (MBKM) CURRICULUM

  • Margarita Djami(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • Hikmah Hikmah(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • Roly Edyan(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: kondisi pelaksanaan, kendala dalam pelaksanaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi pelaksanaan Merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM) pada mahasiswa pendidikan teknik bangunan dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dalam pelaksanaan MBKM. Metode penelitin deskriptif. Teknik sampling dengan sampel jenuh , populasi 40 orang. jumlah sampel 36 orang. Teknik pengumpulan data dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian ditinjau dari variabel kondisi pelaksanaan MBKM menunjukkan 16 responden atau 44,4% menyatakan kondisi pelaksanaan MBKM cukup baik, sisanya 13 responden atau 36,1% menyatakan kondisi pelaksanaan MBKM baik, dan 7 responden atau 19,4% menyatakan kondisi pelaksanaan MBKM tidak baik, dan untuk variabel kendala yang dialami mahasiswa dalam pelaksanaan MBKM menunjukkan 27 responden atau 75% menyatakan cukup setuju mengalami kendala dan 9 responden menyatakan setuju mengalami kendala dalam pelaksanaan merdeka belajar-kampus merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2025-09-16
Section
Articles