PENGARUH DISIPLIN TERHADAP PRODUKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA

THE EFFECT OF DISCIPLINE ON STUDENT LEARNING PRODUCTIVITY OF THE BUILDING ENGINEERING EDUCATION STUDY PROGRAM, NUSA CENDANA UNIVERSITY

  • Martilde Petra Nuban(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • Tetty Setiawaty(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • Asrial Asrial(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Disiplin, Produktivitas Belajar, Mahasiswa, Undana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kedisiplinan mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB), 2) tingkat produktivitas mahasiswa program studi PTB, 3) pengaruh disiplin terhadap produktivitas belajar mahasiswa program studi PTB. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantatif regresi linier sederhana.  Populasi penelitian adalah mahasiswa dari angkatan 2017-2023 sebanyak 343 orang. Teknik penentuan sampel berdasarkan rumus slovin, sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 120 mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data menggunakan program SPSS versi 25. Hasil uji analisis datamenunjukkan: 1) data  berdistribusi normal, homogen, dan linear; 2) tingkat kedisiplinan mahasiswa sebesar 45,83% dengan kategori setuju; 3) tingkat produktivitas belajarnya mahasiswa sebesar 40,83 dengan kategori setuju; dan 4) pengaruh disiplin terhadap produktivitas  digunakan regresi linear sederhana menunjukkan nilai Y = 59,030 + 0,343 X, artinya jika setiap penambahan 1% nilai produktivitas, maka nilai disiplin bertambah sebesar 0,343 yang artinya koefisien regresi linier bernilai positif, sehingga pengaruh varibel X (disiplin) terhadap Y (produktivitas belajar) adalah positif.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2025-12-17
Section
Articles