PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP FASILITAS DAN PELAYANAN PRAMUWISATA DI PANTAI TABLOLONG KABUPATEN KUPANG
VISITORS' PERCEPTION OF FACILITIES AND TOUR GUIDE SERVICES AT TABLOLONG BEACH, KUPANG REGENCY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fasilitas dan tingkat pelayanan di Pantai Tablolong, pengaruh fasilitas wisata dan pelayanan pramuwisata terhadap persepsi pengunjung, dan menganalisis pengaruh simultan antara fasilitas wisata dan pelayanan pramuwisata terhadap persepsi pengunjung di Pantai Tablolong. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Pantai Tablolong, mayoritas pengunjung menilai fasilitas yang ada cukup baik dan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun, beberapa pengunjung mengungkapkan ketidakpuasan, menunjukkan adanya ruang untuk perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas berpengaruh signifikan terhadap persepsi pengunjung, dengan 84% responden memberikan penilaian positif terhadap kondisi fasilitas. Sebagian besar responden menyetujui bahwa desain, fungsi, estetika, kondisi, dan peralatan penunjang fasilitas berada dalam keadaan baik. Sebaliknya, hanya 38% responden merasa puas dengan kualitas pelayanan yang mencakup ketepatan waktu, interaksi personal, keamanan, keseimbangan antara harga dan nilai, serta penanganan keluhan. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun fasilitas fisik dinilai baik, kualitas pelayanan masih perlu ditingkatkan. Uji simultan menunjukkan bahwa fasilitas wisata dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap persepsi wisatawan, dengan hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Temuan ini menegaskan bahwa keduanya mempengaruhi pandangan wisatawan terhadap pengalaman mereka di Pantai Tablolong.
Mapilindo Dafa(1*)