JENIS-JENIS IKAN KONSUMSI HASIL TANGKAPAN NELAYAN PADA MUSIM PERALIHAN I DAN MUSIM TIMUR DI TPI OEBA KOTA KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR

  • Angelina Olivia Prima Kopong(1*)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • Lumban N. L. Toruan(2)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • Kiik G. Sine(3)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Abstrak – Ikan merupakan hewan vertebrata akuatik berdarah dingin dan bernafas dengan insang. Ikan adalah hasil laut yang dapat dikonsumsi dan banyak diminati oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis ikan konsumsi yang ada di TPI Oeba menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian dilakukan pada Bulan Maret (musim peralihan I) dan Bulan Juni (musim timur) Tahun 2022. Penelitian ini dilakukan pada TPI Oeba, Kota Kupang. Data diperoleh menggunakan metode survei yaitu pengamatan langsung ke lokasi untuk memperoleh informasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi untuk mencatat dan pengambilan gambar. Populasi yang didata adalah semua jenis ikan yang ada di TPI Oeba. Wawancara dilakukan dengan proses tanya jawab dengan pedagang ikan yang ada di TPI Oeba yang berkaitan dengan jenis-jenis ikan konsumsi yang ada di TPI. Berdasarkan hasil penelitian maka ikan yang didaratkan pada musim peralihan I terdapat 48 jenis ikan, pada musim timur terdapat 51 jenis ikan, dan 17 jenis ikan ditemukan pada musim peralihan I dan musim timur. Total jenis ikan yang didapatkan pada musim peralihan I dan musim timur sebanyak 82 jenis ikan. Jenis ikan Tuna mata besar (Thunnus obesus) termasuk dalam kategori rentan (Vulnerable/Vu). Scarus spinus dan Scarus rubroviolaceus merupakan ikan konsumsi yang berperan penting dalam interaksi antara karang dan makro alga.

Kata Kunci: Kota Kupang, Tempat Pelelangan Ikan Oeba, Ikan Konsumsi

 

Abstract – Fish are cold-blooded aquatic vertebrate animals and breathe with gills. Fish is a seafood that can be consumed and is in great demand by the public. This study aims to determine the types of fish consumption in TPI Oeba using a descriptive analysis method. The study was conducted in March (transitional season I) and June (eastern season) of 2022. This research was conducted at TPI Oeba, Kupang City. Data obtained using the survey method, namely direct observation to the location to obtain information. Data collection techniques in research are observation to record and take pictures. The populations recorded are all types of fish in the Oeba TPI. The interview was conducted with a question and answer process with fish traders at TPI Oeba related to the types of fish consumption in TPI. Based on the results of the study, there were 48 types of fish landed in the transitional season I, in the eastern season there were 51 types of fish, and 17 types of fish were found in the transitional season I and the eastern season. The total number of fish species obtained in the transitional season I and the eastern season was 82 types of fish. The type of large-eyed Tuna (Thunnus obesus) belongs to the vulnerable category (Vulnerable/Vu). Scarus spinus and Scarus rubroviolaceus are consumable fish that play an important role in the interaction between corals and macro algae.

Keywords: Kupang City, Oeba Fish Auction Place, Fish Consumption

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-04-01