KOMPOSISI HASIL TANGKAPAN BAGAN TANCAP DI PESISIR PERAIRAN OESAPA, KELURAHAN OESAPA, KECAMATAN KELAPA LIMA, KOTA KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR

  • Serfilus Palung(1*)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • Ismawan Tallo(2)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • Suprabadevi A. Saraswati(3)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstrak

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi hasil tangkapan bagan tancap. Penelitian ini di lakukan di Kelurahan Oespa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Data yang di kumpulkan pada penelitian ini melalui observasi yaitu dilakukan dengan cara mengamati secara langsung proses Pengoperasian alat tangkap bagan tancap guna memperoleh data dan mendapatkan keterangan yang jelas terhadap masalah dalam penelitian. Analisis data yang di peroleh dari penelitian Komposisi jenis hasil tangkapan bagan tancap di hitung berdasarkan  komposisi  setiap waktu hauling satuan (kg) jenis ikan. Hasil Penelitian menunjukan komposisi tertinggi yang di tangkap oleh nelayan bagan tancap adalah ikan sarden (Sardinella albella) dan Peperek  (Leiognathus equulus) dengan nilai komposisi yaitu 99,12% komposisi terendah yang di tangkap oleh nelayan bagan tancap adalah ikan Julung-julung/Gemiramphus sp (Chirocenterus nodus) dan capelin/Mallotus (Malloutus villosus ) dengan komposisi 0,59 % dan 0,28 %. Persentase Ikan yang ditangkap pada bagan tancap sebesar  45,47 % dari jumlah keseluruhan ikan yang ditangkap.

Kata Kunci : Komposis, Hasil Tangkapan Bagan Tancap, Pesisir Perairan Oesapa,Kelurahan Oesapa.

 

 

Abstract-This study aims to determine the composition of the catches of the sticky chart. This research was conducted in the Oespa Village, Kelapa Lima District, Kupang City. The data collected in this study was through observation, which was carried out by directly observing the process of operating the fixed chart fishing gear in order to obtain data and obtain clear information on the problems in the research. Analysis of the data obtained from the study. The composition of the species caught on the fixed chart is calculated based on the composition of each hauling time per unit (kg) of fish species. The results of the study showed that the highest composition caught by lift net fishermen were sardines (Sardinella albella) and Peperek (Leiognathus equulus) with a composition value of 99.12%, the lowest composition caught by lift net fishermen was Julung-julung fish/ Gemiramphus sp.(Chirocenterus nodus) and capelin/Mallotus (Malloutus villosus) with a composition of 0.59% and 0.28%. Percentage of fish caught in the fixed net is 45.47% of the total number of fish caught.

Keywords: Composition, Catches of Tancap Chart, Oesapa Coastal Waters, Oesapa Village.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

PlumX Metrics

Diterbitkan
2023-04-01