PEMASARAN HASIL TANGKAPAN PANCING ULUR IKAN TUNA DAN CAKALANG YANG DIDARATKAN DI PPI OEBA

  • Aloysia S. M. Lada(1*)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • Yahyah .(2)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • Suprabadevi A. Saraswati(3)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Abstrak – Pemasaran ikan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh penjual dan pembeli dengan cara tawar-menawar dalam suatu usaha. pemasaran ikan yang diambil dalam penelitian di lokasi PPI Oeba Kota Kupang adalah ikan tuna dan cakalang hasil tangkapan pancing ulur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, biaya, margin, efisiensi serta bulan banyak dan bulan sedikit pada penangkapan ikan tuna dan cakalang. Ikan tuna dan cakalang merupakan komoditas yang paling banyak diminati oleh masyarakat, baik konsumen lokal maupun luar  serta merupakan salah satu ikan ekspor dan impor. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan jenis data dan sumber data, jenis data yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) untuk menggabungkan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan peneliti adalah data primer dan sekunder. selain pengumpulan data, peneliti juga menggunakan metode analisis data. Analisis data dilakukan untuk menjelaskan pola saluran pemasaran di PPI Oeba Kota Kupang, serta menganalisis biaya, margin, dan efisiensi pemasaran.

Kata Kunci: Pemasaran ikan tuna dan  cakalang

 

 Abstract –Fish marketing is an activity carried out by sellers and buyers by bargaining in a business. The fish marketed in the research at the PPI Oeba location in Kupang City were tuna and skipjack handline catch. This research aims to determine marketing channel patterns, costs, margins, efficiency as well as high and low months for tuna and skipjack fishing. Tuna and skipjack tuna are the commodities most in demand by the public, both local and foreign consumers and are one of the export and import fish. The data collection method used in the research uses data types and data sources, the type of data used is mixed methods to combine qualitative and quantitative data types. The data sources used by researchers are primary and secondary data. Apart from data collection, researchers also use data analysis methods. Data analysis was carried out to explain marketing channel patterns at PPI Oeba Kupang City, as well as analyzing costs, margins and marketing efficiency.

Keywords: Marketing of tuna and skipjack

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-10-30