POLA SALURAN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN POLE AND LINE YANG BERPANGKALAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) OEBA, KOTA KUPANG

  • Mariani M. Safitri(1*)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • Lady Cindy Soewarlan(2)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • Chaterina A. Paulus(3)
    Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Abstrak – Cakalang dan tuna merupakan jenis hasil tangkapan dari armada pole and line. Beberapa nelayan pole and line yang fishing groundnya diseputaran Kupang biasanya mendaratkan hasil tangkapannya di PPI Oeba, ditempat ini mereka melakukan transaksi penjualan untuk tujuan pasar ekspor maupun pasar lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis hasil tangkapan utama dan samping dari alat tangkap pole and line yang berpangkalan di PPI Oeba dan alur niaga dari hasil tangkapan utama dan samping dari armada pole and line yang berpangkalan di PPI Oeba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif dan di hitung mengunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tangkapan utama dari armada pole and line adalah ikan cakalang dan ikan tuna sebagai tangkapan samping. Pola saluran pemasaran hasil tangkapan dari armada pole and line yang berpangkalan di PPI Oeba terbagi menjadi dua musim yaitu musim banyak dan musim sedikit. Pada musim tangkapan yang tinggi, saluran pemasaran yang terbentuk adalah nelayan, perusahaan, dan eksportir; sedangkan pada musim tangkapan yang sedikit, terbentuk 3 saluran pemasaran. Tiga saluran pemasaran yang dimaksud adalah: 1) nelayan, perusahan, pengumpul, pengecer, dan konsumen lokal; 2) kedua nelayan, perusahan, pengumpul, konsumen lokal; dan 3) nelayan, perusahan, pengecer, konsumen lokal.

Kata Kunci: Hasil tangkapan ikan, saluran pemasaran, pole and line, PPI Oeba.

 

Abstract – Skipjack and tuna are the main catches of the pole and line fleet. Pole and line fishermen whose fishing grounds are around Kupang usually land their catches at PPI Oeba, where they conduct sales transactions for export and local markets. This study aims to determine the types of the main and side catches of pole and line fishing gear based at Fishery Port Oeba and the trade flow of the main and side catches of the pole and line fleet based at Fishery Port Oeba. The method used in this research is the survey method. The analysis method used in this research is quantitative descriptive analysis and descriptive analysis and calculated using the percentage formula. The results showed that the main catch of the pole and line fleet was skipjack and tuna as a side catch. The marketing channel pattern of the catch from the pole and line fleet based at Fishery Port Oeba is divided into two seasons, namely the high and low fishing seasons. In the high catch season, the marketing channels are fishermen, companies, and exporters; while in the low catch season, three marketing channels are formed. The three marketing channels are: 1) fishermen, companies, collectors, retailers, and local consumers; 2) fishermen, companies, collectors, and local consumers; and 3) fishermen, companies, retailers, and local consumers.

Keywords: Fish catch, marketing channels, pole and line, Fishery Port Oeba.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-10-30