https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/issue/feedJournal Economic Education, Business and Accounting2025-10-10T05:11:02+00:00fernando Saragihfernando.saragih@staf.undana.ac.idOpen Journal Systems<p>Fokus dari jurnal ini adalah pada bidang pendidikan ekonomi dan bisnis. Terbit dua kali setahun, yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Ekonomin dan Bisnis, FKIP, Universitas Nusa Cendana.</p>https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/24114Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan Pelaku UMKM di Desa Penfui Timur Kabupaten Kupang2025-10-09T12:58:29+00:00Nelciana Indahnelcianainda147@gmail.comAri Dataari.data@staf.undana.ac.idAlfridus Mau Manekalfridus.mau.manek@staf.undana.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap manajemen keuangan UMKM di Desa Penfui Timur, Kabupaten Kupang. Metode kuantitatif digunakan dengan melibatkan 151 UMKM yang dipilih melalui proportional stratified random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner terstruktur dan dianalisis dengan regresi linier sederhana melalui SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen keuangan, dibuktikan dengan nilai t-hitung (7,996) > t-tabel (1,976) dan signifikansi 0,001 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan literasi keuangan mampu memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan pelaku UMKM. Rekomendasi penelitian menekankan perlunya peningkatan kapasitas keuangan sesuai karakteristik usaha, pendampingan berkelanjutan bagi kelompok rentan seperti peternak dan penjahit, serta integrasi pelatihan berbasis kluster pada sektor tenun ikat dan pangan lokal. Secara teoretis, temuan ini menguatkan perspektif resource based view dengan menempatkan literasi keuangan sebagai aset strategis yang mendorong keberlanjutan dan daya saing UMKM pedesaan.</p>2025-10-06T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/20988Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan di Kelurahan Oebufu Kecamatan Oebobo Kota Kupang2025-10-06T23:45:36+00:00Jordi M Sinejordisine@gmail.comJacob Abolladakaabolladaka@yahoo.co.idErika F.Br. Simanungkaliterika.simanungkalit@staf.undana.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengetahuan perpajakan, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak di Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Populasi penelitian berjumlah 3.064 wajib pajak, sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan rumus Slovin sehingga diperoleh 97 responden yang dipilih secara proporsional. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala likert 1 – 5. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sebaliknya, sanksi pajak tidak memberikan pengaruh yang berarti terhadap tingkat kepatuhan. Sementara itu, kesadaran wajib pajak terbukti berkontribusi secara positif dan signifikan dalam meningkatkan kepatuhan. Secara keseluruhan, pengetahuan perpajakan, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Implementasi temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kepatuhan wajib pajak dapat diwujudkan melalui penguatan literasi dan kesadaran perpajakan. Pemerintah perlu lebih aktif dalam sosialisasi dan edukasi, dengan menekankan pembinaan kesadaran berkelanjutan, bukan semata-mata melalui penerapan sanksi.</p>2025-10-06T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/22061Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri (Self Control) terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana2025-10-06T23:45:36+00:00Theresia Sri Windy Khansriwindykhan77@gmail.comMarkus U. K. Yewangyewangmarkus@gmail.comAndri Paulus Loeandryloe28@gmail.com<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam mengelola keuangan secara tepat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh <em>financial literacy</em> dan <em>self control</em> terhadap perilaku menabung mahasiswa FKIP Ekonomi Universitas Nusa Cendana, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2021–2023 sebanyak 352 orang. Sampel ditentukan melalui teknik <em>purposive sampling</em>, berjumlah 92 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner terstruktur skala likert 1 sampai 5. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda melalui bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>financial literacy</em> dan <em>self control</em> memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung mahasiswa, baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan literasi keuangan dan pengendalian diri mahasiswa perlu diperkuat melalui pembelajaran serta pembiasaan manajemen keuangan agar mendorong perilaku menabung yang lebih baik.</p>2025-10-06T23:31:24+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/15182Pengaruh Gaya Hidup dan Penghasilan Orang Tua terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Universitas Nusa Cendana Kupang2025-10-06T23:45:37+00:00Delfiani Bansoledelfianibansole367@gmail.comRolens E. H. Riwu Manurolens.riwumanu@staf.undana.ac.idMarkus U.K Yewangmarkusyewang@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup mahasiswa dan penghasilan orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan populasi sebanyak 123 mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 55 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dengan skala Likert lima poin, dan dianalisis menggunakan regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, sedangkan penghasilan orang tua tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pihak kampus untuk menyelenggarakan program edukasi finansial yang menekankan pengelolaan gaya hidup mahasiswa secara bijak, sehingga perilaku konsumtif dapat diminimalkan dan kemandirian finansial mahasiswa dapat ditingkatkan.</p>2025-10-06T23:33:22+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/22915Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Health Wealth International (HWI) di Agen HWI Oebobo, Kota Kupang2025-10-06T23:45:37+00:00Elen Abolla Ataelenabollaata@gmail.comJacob Abolla Dakajacobabolladaka@staf.undana.ac.idMises Boisana Carles Abinenomisesboisana@gmail.com<p>Studi ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh berbagai dimensi kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Health Wealth International (HWI) di Agen HWI Oebobo, Kota Kupang. Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif , perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan kualitas produk, termasuk performa, ketahanan, dan desain, guna menarik minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah <em>incidental sampling</em> dengan otal responden sebanyak 40 orang. Analisis data digunakan dengan regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Hasil pengujian menunjukan bahwa variabel kualitas produk (t hitung 2,141), kinerja (t hitung 2,769), daya tahan (t hitung 2,886), dan estetika (t hitung 3,419), berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai F sebesar 4,284 juga menunjukan adanya pengaruh secara simultan. Berdasarkan temuan tersebut, perusahaan disarankan untuk fokus pada peningkatan kualitas produk secara keseluruhan.</p>2025-10-06T23:30:28+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/16972Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 3 Kupang2025-10-10T05:11:02+00:00Helena Helen Hienghelenahieng12@gmail.comAri Dataari.data@staf.undana.ac.idErika Feronika Br Simanungkaliterika.simanungkalit@staf.undana.ac.id<p>Hasil belajar Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 3 Kupang yang rendah dikaitkan dengan minat siswa dan lingkungan keluarganya. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui adanya pengaruh timbal balik antara hasil belajar dengan lingkungan keluarga, serta hubungan hasil belajar dengan minat belajar, dengan menggunakan metodologi asosiatif kausal. 108 orang dari 432 siswa dijadikan sebagai sampel. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain survei, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan temuan penelitian, terdapat tiga hal yang mempengaruhi hasil belajar minat belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan keluarga dan minat belajar secara bersamaan. Oleh karena itu, hasil belajar dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan minat siswa.</p>2025-10-06T23:32:46+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/22083Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 pada Materi Profesi melalui Media Flash Card di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya2025-10-06T23:45:38+00:00Angghyreni DunaAngghyduna@gmail.ac.idReza Syehma Bahtiarsyehma_fbs@uwks.ac.idKriswaty Kriswatykriswati35@guru.sd.belajar.id<p><strong>Abstrak: </strong></p> <p>Penyelidikan tindakan kelas (PTK) ini bermula dari penemuan isu yang timbul dalam proses pembelajaran bahan pekerjaan di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Dukuh Kupang 1. Pengamatan yang dilakukan pada tahap awal memperlihatkan bahwa peserta didik menemui kendala dalam mengerti konsep serta keterangan yang terhubung dengan aneka ragam jenis pekerjaan. Kejadian ini tergambar dari taraf keikutsertaan siswa yang tergolong rendah saat diskusi kelas, adanya kesukaran dalam merespons pertanyaan yang diajukan oleh pengajar, dan perolehan hasil belajar yang belum memenuhi harapan. Keadaan ini menandakan adanya kebutuhan mendesak untuk merancang serta menerapkan jalan keluar yang inovatif dan efektif, dengan tujuan utama untuk meningkatkan pemahaman serta capaian hasil belajar siswa dalam konteks bahan pekerjaan. Pusat perhatian dari penyelidikan ini adalah untuk menjajaki dan menerapkan pemakaian media kartu kilat (flash card) sebagai suatu bentuk campur tangan yang terencana. Campur tangan ini diharapkan sanggup secara signifikan meningkatkan hasil belajar akademik peserta didik kelas 1 dalam bahan pekerjaan di lingkungan Sekolah Dasar Negeri Dukuh Kupang 1. Alasan pemilihan kartu kilat sebagai alat pembelajaran didasarkan pada sifatnya yang menonjol, yaitu wujudnya yang visual, ringkas, dan interaktif. Sifat-sifat ini diharapkan mampu membangkitkan minat serta perhatian siswa, memfasilitasi kemudahan dalam mengerti konsep-konsep yang diajarkan, serta meningkatkan kesanggupan siswa dalam menyimpan dan mengingat keterangan. Penyelidikan ini secara khusus menaruh perhatian pada cara pemakaian kartu kilat secara terencana dan terstruktur dapat memberi pengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman siswa mengenai berbagai jenis pekerjaan, tugas-tugas yang dijalankan oleh tiap-tiap pekerjaan, dan peran yang dimainkan oleh pekerjaan-pekerjaan tersebut di dalam dinamika masyarakat.</p>2025-10-06T23:30:57+00:00##submission.copyrightStatement##