https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/issue/feed Journal Economic Education, Business and Accounting 2024-03-19T11:58:26+00:00 fernando Saragih fernando.saragih@staf.undana.ac.id Open Journal Systems <p>Fokus dari jurnal ini adalah pada bidang pendidikan ekonomi dan bisnis. Terbit dua kali setahun, yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Ekonomin dan Bisnis, FKIP, Universitas Nusa Cendana.</p> https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/11460 Pengaruh Modal Dan Harga Jual Terhadap Pendapatan Petani Rumput Laut Di Desa Oenggaut Kecamatan Rote Barat Kabupaten Rote Ndao 2024-03-19T11:58:26+00:00 adolfina ballo heu adolfinaheu@gmail.com Markus Umbu K Yewang yewangmarkus@gmail.com jacob abolladaka jacob@gmail.com <p>Selama 5 tahun terahkir &nbsp;pendapatan petani rumput laut mengalami naik turun ini disebabkan karena kurangnya modal dan harga jual tidak menentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modal dan harga jual terhadap pendapatan petani rumput laut di Desa Oenggaut Kecamatan Rote Barat Kabupaten Rote Ndao. Secara metodologis pendekatannya kuantitatif dengan penggunaan kuesioner sebagai teknik spesifik dalam mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Populasi dalam penelitian ini &nbsp;seluruh petani rumput laut di Desa Oenggaut, sampel adalah 173 responden yang didapat dari populasi menggunakan rumus slovin. Hasil pengujian regresi linier berganda memberi petunjuk adanya pengaruh parsial.&nbsp;Modal menjadi variabel yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani yang membudidayakan rumput laut, yaitu t-hitung 2,626 &gt; t-tabel 1,974. &nbsp;Variabel harga jual pun memberi pengaruh terhadap pendapatan yaitu t hitung &nbsp;2,882 &gt; t tabel 1,974. Meskipun hasil tes pada saat yang sama. Secara bersama-sama variabel modal dan harga jual memberi pengaruh signifikan pada pendapatan para petani yang membudidayakan rumput laut dari Desa Oenggaut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fhitung 16,007 &gt; Ftabel 3,05 dan tanda 0,000 &lt; 0,05. Artinya terjadinya penolakan pada Ho dan penerimaan pada Ha.</p> 2023-11-21T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/12639 Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas XI MPLB Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis SMK Negeri 6 Kupang 2024-03-19T10:29:20+00:00 yosefina beto doren yosefinadoren9@gmail.com jacob abolladaka jacob@gmail.com Erika Feronika Br Simanungkalit erika.simanungkalit@staf.undana.ac.id <p><em>This research was conducted in class XI MPLB SMK Negeri 6 Kupang which has low student learning outcomes. The purpose of the research is to determine the impact of learning motivation and learning environment on the learning outcomes of grade XI MPLB students. The strategy used in this quantitative research method is associative causal. The observation population was 61 students, while the sample for this observation consisted of 53 students of class XI MPLB. Data was collected by means of a questionnaire of 32 statements. Based on the results of data analysis, t count = 9.949 and t table = 2.008. This means that 9,949&gt;2,008, so that the H1 submitted can be accepted, namely the results of learning business economics students at SMK Negeri 6 Kupang are influenced by their learning motivation, 9,588&gt;2,008 which means that the learning environment is compared with student learning outcomes in business economics subjects at SMK Negeri 6 Kupang, where the H2 submitted can be accepted, In addition, the estimated value for the F test is 251,039 &gt; Ftable 3,182,&nbsp; with significance levels of 0.00 &lt; 0.05. So it can be said if H3 is accepted or learning motivation and learning environment simultaneously have an impact on learning outcomes.</em></p> 2023-11-21T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/12900 Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS di SMA Negeri 3 Kupang Timur Kabupaten Kupang 2024-03-19T10:29:20+00:00 Margareta Metola margaretamatola@gmail.com Yeheskial Nggandung Yeheskiel@yahoo.co.id fernando saragih fernando.saragih@staf.undana.ac.id <p>Riset ini berfokus guna melihat pengaruh model pembelajaran (TSTS) terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kupang Timur Kabupaten Kupang. Jenis penelitian yang diguanakan yaitu <em>Quasy Eksperimen </em>dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas (e) dengan perlakukan model pembelajaran <em>Two Stay Two Stray </em>(TSTS) dan kelas (k) dengan model konvesional (MK). Subjeknya yaitu siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Kupang Timur dan objeknya yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan tes. Data analisis yang dipakai terhadap hasil belajar siswa berupa analisis univariat yang dimana analisis tersebut di ukur melalui &nbsp;ukuran pemusatan, ukuran penyebaran dan uji perbedaan dalam penganalisisan data. Hasil pengolahan data dengan menggunakan aplikasi <em>IBM SPSS statistic 24</em>, menunjukan nilai signifikannya = 0,038 lebih kecil dari &nbsp;sehingga &nbsp;ditolak. Jika h<sub>o </sub>ditolak dan h<sub>1 </sub>diterima maka dugaan alternatif diajukan diterima yakni model pembelajaran (TSTS) mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Kupang Timur.</p> 2023-11-21T11:18:20+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/12447 Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X Akuntansi pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Kota Solok 2024-03-19T10:29:20+00:00 avil yuliandra avilyuliandra2107@gmail.com Indra Mulia Pratama indramuliapratama@yahoo.co.id Gustia Harini gustiararini@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, lingkungan sekolah dan teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar siswa, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah siswa Akuntansi kelas X di SMK Negeri 1 Kota Solok yang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel 75 orang. Analisis data dibantu dengan program SPSS versi 15.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Teman Sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap&nbsp; Kedisiplinan Belajar Siswa. Teman Sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kediiplinan Belajar Siswa. Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan agar peserta didik lebih giat lagi dalam belajar dan memahami materi setiap pembelajaran Akuntansi Dasar, serta dapat lebih meningkatkan motivasi belajar, untuk pihak sekolah agar lebih memperhatikan lingkungan sekolah&nbsp; dalam proses pembelajaran dan diharapkan dalam belajar siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan baik, benar dan mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.</p> 2023-11-21T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/12208 Analisis Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Hero Supermarket Tbk. Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2024-03-19T10:29:20+00:00 Agustina Bete manehatasti3@gmail.com Rolens Riwu Manu rolens.riwumanu@staf.undana.ac.id Ari Data ari.data@staf.undana.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini ialah sebagai pengevaluasian kemampuan keuangan Perusahaan Hero Supermarket Tbk. menurut profitabilitas, solvabilitas, likuiditas dan aktivitas &nbsp;Metodologi deskriptif kuantitatif digunakan dalam jenis penelitian ini. Metode pengolahan informasi akan menguraikan perbandingan keuangan. Temuan Menurut penelitian, kemampuan keuangan Hero Supermarket Tbk. ada pada situasi yang jelek terlihat dari perbandingan likuiditas yang menggambarkan sebenarnya perbandinga lancar, perbandingan cepat, dan perbandingan kas perusahaan pada kondisi dibawah rata-rata. kemampuan keuangan Hero Supermarket Tbk. TDER dikatakan buruk berdasarkan rasio solvabilitas, tetapi TDTA dan LTDER berada dalam kondisi yang dapat diterima. kemampuan keuangan Hero Supermarket Tbk. ditilik dari perbandingan menguntungkan GPM dalam keadaan menguntungkan dan OPM, OR, dan NPM dalam keadaan tidak menguntungkan. kemampuan Keuangan Perseroan Berdasarkan rasio aktivitas, Hero Supermarket Tbk. ATO, RTO, FATO, ITO, dan WCTO semuanya dalam kondisi yang sangat menguntungkan, tetapi ATO dalam kondisi yang lebih buruk dari rata-rata.</p> 2023-11-21T12:12:09+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEEBA/article/view/12575 Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Kupang 2024-03-19T10:29:20+00:00 Magdalena Padamai magdalena.padamai@gmail.com Markus U. K. Yewang yewangmarkus@gmail.com Andri Paulus Loe andryloe28@gmail.com <p>Konteks penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa di SMAN 2 Kupang. Tingginya pengguna media sosial siswa ditambah kurangnya kedisiplinan siswa membentuk tujuan penelitian ini yaitu pengaruh penggunaan media sosial dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian berjumlah 141 siswa, sampel berjumlah 35 responden siswa kelas X IPS. Teknik pengambilan sampel <em>Propotional Sampling</em>. Analisis regresi linear berganda dipakai didalam penelitian ini, Y = 154,108-3,251 X<sub>1</sub> + 3,115 X<sub>2</sub> + e. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Kupang dipengaruhi secara signifikan oleh penggunaan media sosial dan disiplin belajar secara simultan dengan F<sub>hitung</sub> &gt; F<sub>tabel</sub> (6,233&gt;3,29) dan sig 0,008&lt;0,05. Secara parsial penggunaan media sosial (X1) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Kupang (2,869&gt;2,036), sig 0,007&lt;0,05. Disiplin belajar (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Kupang, (2,283&gt;2,036), sig 0,029&lt;0,05. Persentase pengaruh yang diberi variabel independen kepada variabel dependen 28% dan 72% dipengaruhi variabel lainnya.</p> 2023-11-21T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##