PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHATANI SAYUR PETCAY (BRASSICA CHINENNSIS L.) DI DESA NETPALA KECAMATAN MOLLO UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

  • Renia Helari Lado(1*)
    Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Undana
  • Marthen R. Pellokila(2)
    Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Undana
  • Mustafa Abdurrahman(3)
    Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: petsai, pemasaran, efisiensi, pendapatan petani'

Abstract

This research was held at Netpala Village, North Mollo District, South Central Timor District, East Nusa Tenggara, since October to November 2018 by some objectives to know: 1) marketing system of farm factory of petcay. 2) Marketing effi ciency level of pecai. 3) farm factory income from petcay. 4) R/C farm factory ratio of petcay. This research takes method of survey. The choice of sample village is applied a purposive sampling technique. The kind of data were collected are primer data gained through interview with respondents based on questions list and secondary data were gained from connected instances. Furthermore, to select the sample farmer or respondent with the number of 56 farmers is used a proportional random sampling, taken from the 129 farmers who are the emembers of 6 farmer groups. The research result shows (1) marketing channel of petcay consist of three channels of marketing, namely; (I) Farmer – Consumer, Farmer – Kupang retailer trader. III. Farmer – Village seller – Retailer trader – Consumer ), the third marketing channel above making the function marketing. (2) The marketing effi ciency of petcay that channel II lack effi ciency because 1,42 EP percent. (3) The income farm factory of petcay. (4) R/C ratio of farm factory petcay 2,25 so that the farm factory can makes brings advantages economically and should be cultivated.

ABSTRAK
Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Netpala Kecamatan Mollo Utara Kabupeten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur mulai bulan Oktober – November 2018, dengan tujuan untuk mengetahui : 1) Sistem pemasaran sayur petcay. 2) Tingkat efi siensi pemasaran sayur petcay. 3) Besar pendapatan usahatani sayur petcay. 4) R/C Ratio usahatani sayur petcay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan responden yang berpedoman pada daftar pertanyaan, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi – instansi yang terkait. Sedangkan untuk menentukan petani contoh atau responden, diambil dari populasi petani dalam enam (6) kelompok tani aktif yang mengusahakan komoditi sayur petcay yaitu sebanyak 129 petani sehingga yang menjadi sampel sebanyak 56 petani responden dengan penentuan per kelompok tani menggunakan metode Propotional Random Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) saluran pemasaran sayur petcay terdiri dari tiga saluran pemasaran yaitu pola I (Petani → Konsumen), pola II (Petani → Pedagang Pengecer Kupang → Konsumen) dan pola III (Petani → Pedagang Pengumpul Desa → Pedagang Pengecer → Konsumen), ketiga saluran pemasaran di atas juga melakukan fungsi pemasaran. (2) Efi siensi pemasaran sayur petcay menunjukan bahwa saluran pemasaran II kurang efi sien karena memiliki nilai EP sebesar 1, 42%. (3) Pendapatan bersih usahatani sayur petcay di lokasi penelitian sebesar Rp 135.887.056 dengan rata-rata pendapatan Rp 2.426.555/responden. (4) Nilai R/C ratio pada usahatani sayur petcay sebesar 2,55% sehingga usahatani ini secara ekonomi menguntungkan dan layak diusahakan

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-08-06
How to Cite
Lado, R., Pellokila, M. R., & Abdurrahman, M. (2019). PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHATANI SAYUR PETCAY (BRASSICA CHINENNSIS L.) DI DESA NETPALA KECAMATAN MOLLO UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN. Jurnal EXCELLENTIA, 7(02), 118-126. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JEXCEL/article/view/1446
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.