Perilaku Konsumen dalam Pembelian Bunga Krisan Produksi Taman Teknologi Pertanian Mollo Kabupaten Timor Tengah Selatan
Abstract
Chrysanthemum is new ornamental garden, that just cultivated and marketed in NTT, particularin Kupang city and surrounding area. Bese on it’s, this studi needed to mapping of thechrysanthemum consumers behaviour. The mapping focused to ornamental folwers buying behaviour. This research was conducted in November 2018 until January 2019. The number of respondents research consist of institutions, churches, florists and employees and students. Data was collected through recording, interviewing and observating. Data was analyzed descriptively (respondent characteristics consumer behavior and factors that influence consumers in making decisions). In addition, quantitative analysis was carried out for variable expressed by the frequency of both absolute numbers and percentages. Measuring the level of consumer decisions using Likert scale. The results showed that consumer behavior towards chrysanthemum flowers was very positive. Therefore, chrysanthemum is a product with a level of trust, popularity, level of consumer knowledge, level of consumer accessibility, with positive values ranging from 70% to 90%. This results indicate that the satisfaction in purchasing chrysanthemum products TTP Mollois satisfied. Consumers give promotional evaluations made by Mollo TTP is for 47.87%. This value shows that the promotion system is very poor and the continuity of interest production is still lack need to increase production and maintan continuity in order to answer the needs and consumerscertainty.
Krisan merupakan tanaman hias baru untuk dibudidayakan dan dipasarkan di NTT, khususnya di kota Kupang dan sekitarnya. Karena merupakan produk relative baru, diperlukan pemetaan perilaku konsumen bunga krisan.Pemetaan tersebut dilakukan agar dapat memahami perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan membeli bunga potong krisan produksi Taman Teknologi Pertanian Mollo.Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan November 2018 sampai Januari 2019. Responden penelitian terdiri dari lembaga, gereja, floris serta pegawai dan mahasiswa. Data dikumpulkan melalui pencatatan, wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis deskriptif (karakteristik responden, perilaku konsumen dan faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan). Selain itu dilakukan analisis kuantitatif untuk variabel yang dinyatakan dengan frekuensi baik angka mutlak maupun persentase. Pengukuran tingkat keputusan konsumen mengunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen terhadap bunga krisan sangatlah positif. Oleh karenanya, bunga krisan menjadi produk dengan tingkat kepercayaan produk, popularitas produk, tingkat pengetahuan konsumen terhadap produk, tingkat aksesibilitas konsumen, dengan nilai positif dari kisaran 70% hingga 90%. Hasil ini menunjukkan bahwa kepuasan pembelian produk bunga krisan TTP Mollo sudah puas. Konsumen memberikan penilaian promosi yang dilakukan oleh TTP Mollo sebesar 47,87%. Nilai ini menunjukkan sistem promosi sangat kurang begitu juga kontinuitas produksi bunga yang masih kurang dan perlu peningkatan produksi dan menjaga kontinuitas agar dapat menjawab kebutuhan