Strategi Integrated Marketing Communication Diskominfo Dalam Membangun Citra Kota Salatiga

  • Asti Ferani Linata Universitas Kristen Satya Wacana
  • Zon Vanel Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Integrated Marketing Communication, Diskominfo, Citra Kota Salatiga

Abstract

Perkembangan dalam sebuah kota merupakan bentuk dari adanya era globalisasi, sehingga citra kota dibutuhkan untuk pengembangan yang semakin baik. Salah satu elemen penting dalam membangun citra kota adalah membangun pelayanan informasi publik. Karena itu, dengan keberhasilan membangun citra kota maka suatu kota tersebut akan mendapatkan kepercayaan publik dan stakeholder. Hal ini pula yang dilakukan Diskominfo Kota Salatiga melalui kegiatan komunikasi pemasaran terpadu atau disebut IMC. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi IMC yang dilakukan oleh Diskominfo Kota Salatiga dalam membangun citra kota. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima elemen IMC seperti advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing, penting dilakukan untuk mempertahankan citra kota Salatiga. Dari 5 kegiatan IMC yang paling sering digunakan adalah direct marketing melalui website, media sosial, dan flyer. Hal ini karena memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi yang didukung kemajuan internet. Saran yang diberikan, sebaiknya Diskominfo Kota Salatiga meningkatkan kreatifitas dalam membuat fyler maupun konten dengan konsep tema disesuaikan trend yang terjadi saat ini agar masyarakat tertarik melihat informasi tersebut.

Published
2023-01-14
How to Cite
Linata, A., & Vanel, Z. (2023). Strategi Integrated Marketing Communication Diskominfo Dalam Membangun Citra Kota Salatiga. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 12(1), 87-101. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i1.7237
Section
Articles