Strategi Integrated Marketing Communication TVRI Maluku Dalam Membangun Citra

  • Frenda G.M Tomasila Prodi Hubungan Masyarakat, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Zon Vanel Prodi Hubungan Masyarakat, Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Integrated Marketing Communication, TVRI Maluku, Citra

Abstract

Membangun citra ternyata bukanlah perkara yang muda mengingat televisi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dalam realitas dan perkembangan zaman akhir-akhir ini pertelevisian khususnya TVRI Maluku kurang mendapatkan tempat di hati para pemirsa Kota Ambon, entah itu karena masalah acara yang di sajikan oleh pihak manajemen TVRI Maluku yang kurang menarik bahkan TVRI Maluku juga sering dijadikan sebagai kendaraan politik orde baru dan model sentralisasi yang banyak memuat berita politik orde baru, maka dari itu dibutuhkan strategi komunikasi pemasaran yang akan menjadi fokus dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi Integrated Marketing Communication TVRI Maluku dalam membangun Citra.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan melakukan observasi, wawancara yang mendalam, dokumentasi, dan survey terhadap masyarakat dan mitra yang bekerja sama. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari beberapa bauran komunikasi yang telah dilakukan strategi advertising merupakan strategi yang paling berdampak pada citra TVRI Maluku, lewat penayangan iklan maupun kerja sama dengan mitra. Namun, terdapat beberapa kekurangan dari strategi tersebut yaitu kurangnya periklanan on the spot seperti pemasangan spanduk dan pamflet, maka perlu adanya penyusunan perencanaan periklanan on the spot.

Published
2023-01-19
How to Cite
Tomasila, F., & Vanel, Z. (2023). Strategi Integrated Marketing Communication TVRI Maluku Dalam Membangun Citra. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 12(1), 132-145. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i1.8620
Section
Articles