Fraktal : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal <p>e-ISSN: 2776-0073</p> <p>Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal ilmiah dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian terapan matematika, statistika, penelitian pendidikan matematika yang meliputi pembelajaran matematika, eksplorasi matematika, pengembangan media pembelajaran, analisis hasil pembelajaran, etnomatematika, serta bidang-bidang yang bersesuaian dengan pengembangan pembelajaran matematika dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, penelitian kualitatif dll. JMPM Fraktal akan terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November.</p> en-US <ol> <li>Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).</li> <li>Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi&nbsp;<em><strong>Creative Commons&nbsp;Attribution-ShareAlike</strong></em>&nbsp;(<a href="http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0" target="_blank" rel="noopener">CC BY-SA</a>), yang berarti&nbsp; Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.</li> <li>Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat&nbsp;open access&nbsp;untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.</li> </ol> editorial.fraktal@staf.undana.ac.id (Damianus D. Samo) rafaelrusik117667@gmai.com (Rafael M. Rusik) Thu, 29 May 2025 14:26:05 +0000 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/20776 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran <em>inquiry</em> berbantuan <em>Geogebra</em> pada materi bangun ruang sisi datar di MTsN 2 Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain <em>Nonequivalent Control Group Design</em>. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIIA sebagai eksperimen yang mendapat perlakuan model pembelajaran <em>inquiry</em> berbantuan <em>Geogebra</em> dan kelas VIIIG sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui <em>pretest</em> dan <em>posttest </em>yang terdiri lima soal yang mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dibandingkan kelas kontrol, yang tercermin dari skor <em>N-Gain</em> yang lebih tinggi pada kelas eksperimen (0,59) dibandingkan kelas kontrol (0,26). Uji statistik juga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara kedua kelompok (<em>Sig.</em>= 0,000). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran <em>inquiry </em>berbantuan <em>Geogebra</em> meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar</p> Amam Taufiq Hidayat ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/20776 Thu, 15 May 2025 04:06:32 +0000 Efektivitas Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perbandingan Matematika Siswa Sekolah Dasar https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/21103 <p>Penelitian ini dilandasi oleh kendala dalam pemahaman konsep soal cerita perbandingan matematika. Tujuan penelitian ini untuk melihat efektivitas model <em>Problem Based Learning</em> dalam meningkatkan kemampuan siswa pemahaman kosenp soal cerita perbandingan di SD Negeri 55 Batang Piarau. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Pre-Eksperimental menggunakan <em>One-Group Pretest-Posttest</em>. Hasil analisis menunjukkan, rata-rata nilai megalami peningkatan dari 75 saat pretest menjadi 84 saat posttest. Hasil uji paired sample t-test menyatakan bahwa model <em>Problem Based Learning</em> efektif &nbsp;meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika</p> Fadila Husni, Adrias Adrias, Salmaini Safitri Syam ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/21103 Thu, 15 May 2025 00:00:00 +0000 Penerapan STEAM Berbantuan E-Modul Berbentuk Interactive Magazine untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/21247 <p>Kemampuan literasi matematis memiliki peranan yang sangat penting, sebab banyak aktivitas sehari-hari manusia yang berhubungan dengan matematika dan membutuhkan pemahaman literasi untuk menyelesaikannya. Namun, kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah, baik berdasarkan hasil asesmen internasional maupun pengamatan di sekolah. Salah satu pendekatan yang dinilai efektif untuk meningkatkan literasi matematis adalah pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics), yang menekankan kolaborasi berbagai bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMP melalui penerapan pembelajaran berbasis STEAM berbantuan e-modul berbentuk majalah interaktif. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis non-parametrik untuk melihat perubahan kemampuan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran, serta menggunakan analisis gain untuk mengukur peningkatannya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi matematis siswa setelah penerapan pembelajaran. Temuan ini mendukung bahwa pendekatan STEAM berbantuan e-modul interaktif dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif, terutama dalam memfasilitasi pemahaman konsep dan penerapan matematika dalam konteks nyata</p> Iska Barbara Nainggolan, Gugun Manosor Simatupang, Roseli Theis, Novferma Novferma ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/21247 Thu, 15 May 2025 04:10:02 +0000 Kesamaan Gender Pada Literasi Matematis Siswa: Implikasi Bagi Kesetaraan Gender Di Bidang STEM https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/21158 <p>Kemampuan literasi matematika yang memadai memungkinkan seseorang untuk memahami konsep dasar di bidang STTM, seperti pemecahan masalah rumit, berpikir analitis, dan pendekatan metodis saat menghadapi tantangan. Literasi matematis siswa Indonesia masih terkategori rendah menurut survei PISA. Di beberapa negara, laki-laki masih mengungguli perempuan pada survei tersebut yang dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kesenjangan gender di bidang STTM. Dengan menggunakan data sekunder yang dikumpulkan pada tahun ajaran 2018/2019 di Kupang, penelitian ini berforkus pada analisis kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri berdasarkan gender secara menyeluruh, maupun kemampuan mereka di domain proses dan konten literasi matematis. Teknik pengambilan sampel acak berkelompok dua tahap digunakan untuk memilih 377 siswa. Meskipun hanya terdapat dua kategori gender, analisis data menggunakan ANAVA satu jalur untuk membuka kemungkinan bagi penelitian selanjutnya menganalisis lebih dari dua kategori pada variabel bebas. Setelah normalitas dan homogenitas data telah terkonfirmasi, uji ANAVA satu jalur dilakukan untuk mengetahui pola gender pada literasi matematis siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya kesamaan gender pada kemampuan siswa secara keseluruhan maupun pada proses dan konten literasi matematis siswa SMP Negeri di Kupang. Hasil tersebut mendukung kesetaraan gender pada literasi matematis dan berkontribusi untuk pemilihan karier dan penurunan prasikap gender dalam pendidikan STTM.</p> Daniel Williams Fointuna ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/21158 Thu, 29 May 2025 14:25:17 +0000 Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan E-Worksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Turunan Fungsi Aljabar https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/16646 <p>Berdasarkan hasil wawancara, hasil belajar siswa di SMAN 3 Kupang pada tes semester untuk materi turunan fungsi aljabar tergolong rendah yaitu sekitar 50% siswa yang tuntas. Siswa kesulitan memahami materi dari buku, serta hanya sebagian siswa yang aktif memberikan tanggapan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar materi turunan fungsi aljabar di kelas XI MIPA SMAN 3 Kupang dengan menggunakan model <em>Discovery Learning </em>berbantuan <em>eworksheet </em>&nbsp;untuk membuat siswa lebih aktif dan proses pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu 36 siswa kelas XI MIPA 1 serta peneliti sebagai guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, terlihat dari presentasi ketuntasan klasikal yaitu &nbsp;62.5% &nbsp;pada siklus&nbsp; I meningkat menjadi 87.5% pada siklus II. Presentase aktfitas guru yaitu 91.67% pada siklus I menjadi 93.75% pada siklus II dan berada dalam kategori sangat baik. Presentase aktfitas siswa yaitu 84.38% pada siklus I menjadi 85.98% pada siklus II dan berada dalam kategori baik sehingga disimpulkan bahwa model <em>discovery learning </em>berbantuan <em>eworksheet </em>dapat meningkatkan hasil belajar materi turunan fungsi aljabar pada siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Kupang.</p> Elisa Gaudensia Wuwur ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/16646 Fri, 30 May 2025 00:00:00 +0000 Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Fungsi Linear Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Kupang https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/16828 <p>Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang dirancang untuk menjawab kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman peserta didik dan efektif untuk membantu dan memfasilitasi kebutuhan belajar di SMP Negeri 17 Kota Kupang secara berbeda dalam memahami topik matematika yang disajikan pada materi fungsi linear khususnya pada subbab gradien. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan terdiri dari 3 tahapan yaitu: preliminary design, eksperiment, dan retropective analysis. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes (asesmen diagnostik dan asesmen formatif), wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dan memberikan kesempatan belajar yang cukup luas kepada peserta didik. Setiap kegiatan dalam LKPD dapat membantu peserta didik untuk memahami bagaimana menentukan gradien garis lurus yang melalui titik pusat dan sebuah titik, menentukan gradien garis yang melalui dua titik, menentukan gradien garis dari persamaan garis lurus, hingga dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan gradien. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman kemampuan peserta didik yang berarti desain pembelajaran yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.</p> Gnadia Rambu Nodu Jaki, Damianus D. Samo, Irna Karlina Sensiana Blegur ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/16828 Fri, 30 May 2025 09:48:56 +0000 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Berbantuan PPT Interaktif Pada Materi Peluang https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/16716 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP&nbsp; Negeri 6 Kupang Tengah, khususnya pada materi peluang yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kupang Tengah pada materi peluang.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis &amp; Mc Taggart, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi dan tes sedangkan analisis datanya berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 60% meningkat menjadi 86,6% pada siklus II, nilai keterlaksanaan observasi aktivitas guru mengajar pada siklus I dan siklus II adalah 100% , dan nilai keterlaksanaan aktivitas siswa pada sisklus I adalah 85,71% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model <em>discovery learning</em> dengan berbantua PPT interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kupang Tengah pada materi peluang.</p> Chintya Julita Putri Tungga, Christine Krisnandari Ekowati, Damianus D. Samo ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/16716 Fri, 30 May 2025 10:00:59 +0000 Etnomatematika Kampung Adat Takpala: Numerasi Pada Posisi Jari Tangan https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/21066 <p>Penerapan etnomatematika pada masyarakat Kampung Adat Takpala dalam penelitian ini difokuskan pada posisi jari tangan masyarakat adat dalam membilang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis bilangan yang digunakan oleh masyarakat adat berdasarkan posisi jari tangan dalam keseharian. Untuk mengetahui jenis bilangan yang dimaksud, penelitian ini menggunakan metode etnografi. Diperoleh bahwa pada penggunaan posisi jari tangan dalam membilang yang dilakukan masyarakat Kampung Adat Takpala terdapat bilangan modulo 10 dan modulo 5 (modulo 10-5). Berdasarkan posisi jari tangan tersebut, diperoleh pemodelan matematika berupa: “untuk setiap &nbsp;dan &nbsp;berlaku ”.</p> Carolin Dwija Novandini, Andrian Runtius Lalang, Beatrix Purnama Sari ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/fraktal/article/view/21066 Fri, 20 Jun 2025 11:54:34 +0000