https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/issue/feed Haumeni Journal of Education 2025-06-25T14:04:34+00:00 Moses Kopong Tokan editorial.haumeni@staf.undana.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, pengembangan profesionalisme guru, studi kasus, studi teoritik, review artikel bidang pendidikan serta topik pendidikan lainnya dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, penelitian kualitatif dll. Haumeni Journal of Education akan terbit dua kali setahun pada bulan <strong>Juni dan Desember</strong>.&nbsp;</p> <p style="text-align: justify;">Berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 0173/C3/DT.05.00/2025, Haumeni Journal of Education telah terkreditasi dan terindeks SINTA 5 terhitung mulai Volume 2 Nomor 1 Tahun 2022 sampai Volume 6 Nomor 2 Tahun 2026. Kami mengajak para akademisi, mahasiswa dan khalayak umum yang tertarik mempublikasikan hasil penelitian maupun hasil pemikiran di Haumeni Journal of Education.</p> https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/21204 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI KEBINEKAAN INDONESIA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH KUPANG 2025-06-24T13:16:34+00:00 Dorkas Yufice Ariyanti Kale dorkas.kale@staf.undana.ac.id Fadil Mas'ud fadil.masud@staf.undana.ac.id Daud Yefkanius Nassa Nassadaud69@gmail.com Meryana Micselen Doko meryanadoko@staf.undana.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Canva pada materi Kebinekaan Indonesia untuk siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Kupang. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kategori sangat layak berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, dengan skor rata-rata masing-masing sebesar 91,2% dan 88,5%. Uji coba terbatas menunjukkan respon positif dari siswa, di mana 85% menyatakan media menarik dan mudah dipahami, serta 90% menyatakan media membantu pemahaman konsep kebinekaan. Media pembelajaran berbasis Canva terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa serta mendukung pembelajaran nilai-nilai kebangsaan secara visual, interaktif, dan kontekstual. Dengan demikian, media ini dapat menjadi alternatif strategis dalam pembelajaran PPKn, khususnya pada materi yang berorientasi pada penguatan karakter kebangsaan.</p> 2025-06-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/22801 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP PEMAHAMAN NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KUPANG 2025-06-24T13:16:34+00:00 Thomas Kemil Masi thomas.kemil.masi@staf.undana.ac.id Martlin Ester Ouw thomas.kemil.masi@staf.undana.ac.id Melinda Ratu Radja thomas.kemil.masi@staf.undana.ac.id Pnatmo Welhelmina Masi thomas.kemil.masi@staf.undana.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Value Clarification Technique</em> (VCT) terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila pesera didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuntitatif dengan jenis penelitian dan desain penelitian <em>Quasy Experiment</em> Design atau yang biasa disebut dengan eksperimen semu dengan desain penelitian <em>pretest-posttest control design</em>, penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek peneltian yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Penentuan sampel menggunakan simple <em>random sampling</em>. Data yang diperoleh berupa nilai <em>pretest-posttest</em>. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 29. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwasanya terdapat perbedaan pemahaman nilai-nilai Pancasila peserta didik yang menerapkan model pembelajaran VCT (kelas eksperimen) dengan pemahaman nilai-nilai Pancasila peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran VCT (kelas kontrol). Pemahaman nilai-nilai Pancasila peserta didik dikelas eksperimen dengan model pembelajaran VCT kategori efektif sedangkan dikelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran VCT kategori tidak efektif.</p> 2025-06-21T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/21505 EKOSISTEM DIGITAL DAN NARASI KEBANGSAAN: RELEVANSI PANCASILA SEBAGAI PENUNTUN ETIKA PUBLIK VIRTUAL 2025-06-24T13:16:35+00:00 Fadil Mas'ud fadil.masud@staf.undana.ac.id Anif Istianah fadil.masud@staf.undana.ac.id <p>Transformasi digital telah mengubah cara masyarakat berinteraksi, membentuk opini, dan menyuarakan identitas kebangsaan. Ruang digital tidak hanya menjadi saluran komunikasi, tetapi juga arena kontestasi narasi yang sarat dengan dinamika politik, budaya, dan ideologis. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat direlevansikan sebagai kerangka etika publik dalam ekosistem digital yang semakin kompleks. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan kajian literatur terkini, pembahasan difokuskan pada tiga aspek utama: dinamika narasi kebangsaan di ruang virtual, representasi dan reduksi nilai Pancasila di media sosial, serta fungsi Pancasila sebagai landasan etika bermedia digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun Pancasila masih sering diposisikan secara normatif dan seremonial, nilai-nilainya tetap relevan dalam merespons tantangan seperti disinformasi, ujaran kebencian, dan polarisasi identitas. Diperlukan reinterpretasi nilai secara kontekstual, penguatan literasi etika digital, serta kolaborasi lintas sektor untuk menjadikan Pancasila hidup sebagai pedoman moral warga negara di ruang publik virtual. Dengan demikian, Pancasila tidak hanya menjadi ideologi negara, tetapi juga fondasi etika bermedia dalam era masyarakat digital.</p> 2025-06-24T12:39:16+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/22905 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA KUPANG 2025-06-24T13:16:35+00:00 Rosiana Yosefia rosianayosi26@gmail.com Moses Kopong Tokan tokan.moses@staf.undana.ac.id Arini Rahma Dhani rosianayosi26@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem ekskresi pada manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kupang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 Maret dan 14 Maret 2025 di SMP Negeri 11 Kupang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara sikluitas yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi., penelitian ini telah dilakukan dalam dua siklus. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan observasi Keterampilan guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem ekskresi pada manusia dapat meningkatkan hasil siswa kelas VIIIB SMP Negeri 11 Kupang. Terbukti pada siklus I hasil belajar peserta didik 51,85% pada siklus II 81,48% dengan kategori baik, kualifikasi tuntas dan aktivitas peserta didik siklus I 68,75% pada siklus II 90,62% dengan peningkatan sebesar 21,87% kategori sangat baik, kualifikasi berhasil. Sedangkan untuk keterampilan guru (peneliti) siklus I 76,56% pada siklus II 92,18% dengan kategori sangat baik kualifikasi berhasil.</p> 2025-06-24T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/19564 BIOMARKER SEBAGAI UPAYA DIAGNOSIS MOLEKULER DAN IDENTIFIKASI DINI KANKER PROSTAT 2025-06-25T14:04:34+00:00 Imberd Rionard Liunima rionardliunima@gmail.com <p>Biomarker memainkan peran penting dalam deteksi, diagnosis, dan prognosis kanker prostat. Biomarker ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi biomarker spesifik dalam sampel biologis, mendiagnosis kanker, dan memprediksi hasil pengobatan. Tujuan dari artikel ini untuk membahas biomarker sebagai upaya deteksi dini, diagnosis, dan prognosis kanker prostat, Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur, memanfaatkan sumber dari jurnal akademik di antaranya: PubMed (n:23), MPDI (n:56) dan Elsevier (n:8) tahun 2010-2024.</p> <p>Beberapa biomarker telah diidentifikasi untuk deteksi dini diagnosis, kanker prostat, antara lain: DNA, RNA, perubahan epigenetik, protein, metabolit, sel, lamin, galektin, antigen karbohidrat, virus, dan lipid. Biomarker ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi biomarker spesifik dalam sampel biologis, mendiagnosis kanker prostat, dan memprediksi hasil pengobatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengembangkan biomarker yang lebih efektif dan meningkatkan diagnosis dan pengobatan kanker prostat.</p> 2025-06-25T14:04:34+00:00 ##submission.copyrightStatement##