https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/issue/feed Haumeni Journal of Education 2025-09-07T01:18:13+00:00 Moses Kopong Tokan editorial.haumeni@staf.undana.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, pengembangan profesionalisme guru, studi kasus, studi teoritik, review artikel bidang pendidikan serta topik pendidikan lainnya dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, penelitian kualitatif dll. Haumeni Journal of Education akan terbit dua kali setahun pada bulan <strong>Juni dan Desember</strong>.&nbsp;</p> <p style="text-align: justify;">Berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 0173/C3/DT.05.00/2025, Haumeni Journal of Education telah terkreditasi dan terindeks SINTA 5 terhitung mulai Volume 2 Nomor 1 Tahun 2022 sampai Volume 6 Nomor 2 Tahun 2026. Kami mengajak para akademisi, mahasiswa dan khalayak umum yang tertarik mempublikasikan hasil penelitian maupun hasil pemikiran di Haumeni Journal of Education.</p> https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24233 TRANSFORMASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI: MEMADUKAN PEMBELAJARAN KLASIKAL DAN DIGITAL PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN FIP UNESA 2025-09-01T13:29:44+00:00 Poltjes Pattipeilohy poltjespattipeiloh@unesa.ac.id Karwanto Karwanto karwanto@unesa.ac.id Supriyanto Supriyanto supriyantosupriyanto@unesa.ac.id Windasari Windasari windasari@unesa.ac.id Aditya Chandra Setiawan adityasetiawan@unesa.ac.id Kaniati Amalia kaniatiamalia@unesa.ac.id Ahmad Abdullah Zawawi ahmadzawawi@unesa.ac.id Johan Pattiasina pattiasina_john@yahoo.com Sindy Sindy sindy.23001@mhs.unesa.ac.id <p>The transformation of learning through the integration of classical and digital methods is a necessity in responding to the challenges of 21st century education. This study aims to examine the implementation and impact&nbsp; of <em>the blended learning</em> model&nbsp; in the FIP UNESA Education Management Study Program, as well as formulate an ideal integrated learning model. This study uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through questionnaires, in-depth interviews, and document analysis. The data was analyzed thematically by linking the findings with education management theory and learning technology. The results show that the use of technology such as LMS, collaborative applications, and interactive media has increased the accessibility and flexibility of student learning. However, challenges such as limited infrastructure, lecturer readiness, and digital literacy gap are still obstacles. The research recommends an <em>interaction-based blended learning</em> model&nbsp; supported by infrastructure support, lecturer capacity building, and varied and relevant digital content, to ensure the quality and sustainability of learning in higher education environments.</p> 2025-09-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24455 Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum di Era Digital 2025-09-01T13:29:45+00:00 Fadil Mas'ud fadil.masud@staf.undana.ac.id Izhatullaili Izhatullaili izhatullaili@staf.undana.ac.id Yunitha Devrudyan Doko yunitha_doko@staf.undana.ac.id Karolus Budiman Jama karolusjama@staf.undana.ac.id <p>Pendidikan Bahasa Indonesia berperan penting dalam meningkatkan literasi hukum di era digital, terutama dalam menanggulangi rendahnya pemahaman hukum di kalangan masyarakat Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pendidikan Bahasa Indonesia dapat menguatkan literasi hukum melalui pendekatan literasi kritis dan menjelaskan cara-cara integrasi literasi hukum dalam pembelajaran bahasa sesuai dengan tuntutan era digital. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan, artikel ini mengkaji literatur, dokumen hukum, serta penelitian terdahulu terkait topik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi literasi hukum masyarakat Indonesia, khususnya terkait dengan penggunaan informasi hukum di ruang digital, masih rendah. Hal ini memperlihatkan perlunya integrasi literasi hukum dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kesadaran hukum. Dengan memanfaatkan teks hukum dan analisis wacana kritis dalam pembelajaran bahasa, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis terhadap hukum dan kebijakan yang ada. Artikel ini menyimpulkan bahwa Pendidikan Bahasa Indonesia, melalui integrasi literasi hukum, mampu menciptakan generasi muda yang lebih melek hukum, adaptif terhadap perkembangan digital, dan mampu berpartisipasi dalam kehidupan sosial yang lebih sadar hukum.</p> 2025-09-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24108 EVALUASI PROGRAM BLENDED LEARNING TERHADAP DAYA JUANG MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL KIRKPATRICK 2025-09-01T13:29:45+00:00 Seli Antonia Tagu Sunga Seliantonia21@gmail.com Novi Kristiani Tahalele seliantonia21@gmail.com Bazahati Laia seliantonia21@gmail.com <p>&nbsp;Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta memiliki mahasiswa datang dari berbagai daerah, suku, ras, budaya, karakter dan bahkan pekerjaan. STT Ekumene sendiri menerima input mahasiswa dari berbagai daerah dengan tiga jenjang pendidikan yaitu Sarjana, Magister dan Doktor. Namun dalam pelaksanaannya jenjang magister dan doktor mengalami hambatan dikarenakan latar belakang mahasiswa yang berbeda- beda yang membuat mahasiswa sulit mengikuti jadwal perkuliahan dari kampus.&nbsp;Program <em>Blended Learning </em>menjadi jawaban yang tepat atas persoalan yang dihadapi oleh mahasiswa. &nbsp;<em>Blended Learning </em>sendiri adalah pembelajaran yang memadukan pembelajaran berbasis teknologi dan pembelajaran tatap muka secara langsung di dalam kelas.&nbsp;Namun dalam kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum mampu datang ke kampus STT Ekumene Jakarta untuk mengikuti program tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa masih kurangnya daya juang mahasiswa di STT Ekumene Jakarta untuk mengikuti Program tersebut. karena perkuliahan akan dilaksanakan dengan dua metode sekaligus dan menuntut mahasiswa untuk lebih mandiri dan memiliki semangat yang tinggi dalam menyelesaikan seluruh perkuliahan. sehingga penelitian ini diangkat untuk mengetahui efektivitas program Blended Learning terhadap daya juang mahasiswa di STT Ekumene Jakarta. dengan menggunakan penelitian Kualitatif dengan metode observasi dan wawancara di dapati bahwa program Blended Learning dapat meningkatkan Daya Juang mahasiswa di STT Ekumene Jakarta.&nbsp;Sehingga program ini dipandang efektif&nbsp; dilaksanakan.</p> 2025-09-01T00:21:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24071 TINJAUAN SISTEMATIS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI POPCORN BRAIN PADA SISWA SMA 2025-09-07T01:18:13+00:00 Lupiana Tutut Pretiwi yakobapmy@gmail.com Antonius Ian Bayu Setiawan yakobapmy@gmail.com <p>Fenomena <em>popcorn brain </em>yang ditandai dengan kesulitan fokus, kecemasan, dan ketergantungan terhadap gawai akibat paparan digital berlebih menjadi salah satu tantangan serius dalam perkembangan psikologis siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan <em>Cognitive Behavior Therapy </em>(CBT) dalam mengatasi popcorn brain pada remaja. Metode yang digunakan adalah <em>Systematic Literature Review </em>(SLR) terhadap sepuluh artikel jurnal nasional dan internasional yang relevan. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi pola intervensi dan dampak pendekatan CBT terhadap aspek kognitif, emosional, dan sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis CBT dapat membantu siswa mengurangi kecanduan gadget, menurunkan kecemasan digital, meningkatkan regulasi emosi, serta memperbaiki fungsi eksekutif seperti konsentrasi dan pengendalian diri. Pendekatan CBT juga berperan dalam mendorong keterlibatan sosial dan membentuk perilaku disiplin dalam penggunaan teknologi. Dengan demikian, layanan ini direkomendasikan untuk diintegrasikan ke dalam program bimbingan dan konseling di sekolah sebagai upaya preventif dan kuratif terhadap dampak negatif overstimulasi digital.</p> 2025-09-01T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24102 DIGITAL DETOX TIGA JALUR UNTUK PELAJAR DI ERA SOCIETY 5.0 MELALUI ZBG, JDH, DAN JID 2025-09-03T12:03:10+00:00 Rina Dwi Rahayu rdwirahayu999@gmail.com Maulidia Riska Sugiyanti rdwirahayu999@gmail.com Dyah Arum Arimurti rdwirahayu999@gmail.com <p>Perubahan besar dalam kehidupan masyarakat global terjadi akibat pandemi COVID-19, termasuk Indonesia. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak. Kebiasaan peserta didik dalam menggunakan gawai secara berlebihan, bahkan di luar konteks belajar. Adiksi gawai tersebut memberi dampak nyata pada penurunan tingkat konsentrasi, prestasi belajar, serta menurunnya kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi secara sehat. Dalam konteks <em>Society </em>5.0, yang mengdepankan harmoni antara kemajuan teknologi dan kualitas hidup manusia, penggunaan gawai berlebihan adalah tantangan yang perlu diatasi guna menciptakan peserta didik berkualitas. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut dikembangkan solusi berupa program <em>Digital Detox</em> dengan serangkaian program edukatif seperti: Zona Bebas Gawai (ZBG), Jadwal Detox Harian (JDH), dan Jadwal Interaksi Digital (JID). Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan komparatif di dua sekolah menengah yang menerapkan kebijakan penggunaan gawai berbeda. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sukowono yang sudah menerapkan larangan gawai, dan anggota OSIM MAN 4 Banyuwangi yang belum menerapkan. 90% responden; setuju dengan program <em>Digital</em><em> Detox, </em>ini merupakan dampak awal nyata dalam meningkatkan kesadaran peserta didik tentang pentingnya menggunakan gawai dengan bijak di sekolah. Penelitian ini merupakan dasar yang diharapkan menjadi pijakan dalam pengembangan kebijakan berbasis data mengenai pola penggunaan teknologi oleh peserta didik.</p> 2025-09-03T12:03:10+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24126 PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA UNIVERSITAS NUSA CENDANA DI ERA SOCIETY 5.0 2025-09-05T07:41:17+00:00 Ayu Fitriani Rizkiyah Lestari ayufitriani612@gmail.com Arini Rahma Dhani ayufitriani612@gmail.com <p>This study examines the role of <em>Artificial Intelligence </em>(AI) technology in supporting the learning effectiveness of students at the University of Nusa Cendana in the Society 5.0 era. The background of this research is based on the importance of integrating intelligent technologies into higher education to create learning that is more adaptive, effective, and personalized. The purpose of this study is to determine the extent to which AI is used by students and how it impacts learning effectiveness. The method employed is descriptive quantitative, with data collected through an online questionnaire involving 76 active students. Data analysis was conducted using descriptive statistics to identify usage patterns and students' perceptions of AI. The results show that 98.7% of students have used AI, with 38.2% using it daily and 53.9% several times a week. These findings conclude that AI is a beneficial learning tool, but not a substitute for educators</p> 2025-09-03T14:55:01+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24081 IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN ASSEMBLR EDU SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PROGRAM STUDI PERMESINAN KAPAL DI ERA DIGITAL 2025-09-05T08:39:37+00:00 Davin Aditiawan davinaditiawan66@gmail.com Melse Denata Putriane melsedenata22@gmail.com Imanuel Adam Tnunay tnunayimanuel92@gmail.com <p>Perkembangan teknologi digital menuntut transformasi dalam metode pembelajaran, khususnya pada Program Studi Permesinan Kapal yang memerlukan pemahaman mendalam tentang komponen mesin kapal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi <em>Augmented Reality </em>(AR) menggunakan platform Assemblr EDU sebagai inovasi pembelajaran untuk visualisasi komponen mesin kapal secara tiga dimensi. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan 25 mahasiswa Program Studi Permesinan Kapal semester II sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi pembelajaran dan kuesioner evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi AR untuk visualisasi 3D komponen mesin kapal mendapat respons sangat positif dengan tingkat kepuasan pembelajaran mencapai 88%, efektivitas pembelajaran 90%, dan motivasi belajar 92%. Mahasiswa dapat memvisualisasikan komponen mesin kapal secara tiga dimensi dengan detail yang lebih akurat, memahami struktur internal komponen, dan mengidentifikasi bagian-bagian mesin dengan presisi tinggi. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi dan kurva pembelajaran penggunaan platform. Penelitian ini menyimpulkan bahwa AR dengan Assemblr EDU efektif meningkatkan kualitas pembelajaran visualisasi komponen mesin kapal dan dapat menjadi model inovasi pendidikan teknik di era digital.</p> 2025-09-05T08:39:36+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24649 PENDIDIKAN MORAL BERBASIS PANCASILA SEBAGAI ANTITESIS PERILAKU ECHO CHAMBER DI KALANGAN MAHASISWA PPKn UNIVERSITAS KHAIRUN 2025-09-06T14:50:23+00:00 Irham Wibowo alexbowo94@gmail.com Wahyudin Noe irhamwibowo@unkhair.ac.id Fadil Mas'ud fadil.masud@staf.undana.ac.id Dorkas Yufice Ariyanti Kale dorkas.kale@staf.undana.ac.id <p>Fenomena <em>echo chamber</em> di ruang digital memengaruhi pola interaksi mahasiswa, termasuk mahasiswa PPKn Universitas Khairun, yang cenderung membatasi diri dalam kelompok homogen sehingga memperkuat <em>confirmation bias</em>. Penelitian ini bertujuan menganalisis fenomena tersebut, menelaah relevansi nilai-nilai Pancasila sebagai antitesis, serta merumuskan strategi implementasi pendidikan moral berbasis Pancasila. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen, dengan analisis interaktif Miles dan Huberman.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>echo chamber</em> melemahkan tradisi dialogis dan kritis di lingkungan akademik, misalnya mahasiswa lebih sering mengonsumsi informasi yang sejalan dengan pandangan mereka dan mengabaikan perbedaan perspektif. Di sisi lain, nilai-nilai Pancasila, khususnya kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan, relevan untuk membangun sikap terbuka dan inklusif. Strategi implementasi yang ditawarkan meliputi integrasi dalam kurikulum, penerapan pedagogi dialogis, penguatan budaya akademik, serta literasi digital berlandaskan Pancasila. Dengan demikian, pendidikan moral Pancasila dapat berfungsi sebagai antitesis <em>echo chamber</em> sekaligus membentuk generasi mahasiswa yang kritis, toleran, dan berkarakter kebangsaan.</p> 2025-09-06T14:50:23+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24095 PENGEMBANGAN SMARTMATH POP-UP BOOK DILENGKAPI AUGMENTED REALITY SEBAGAI TRANSFORMASI PEMBELAJARAN INTERACTIVE 3D-LEARNING MATEMATIKA SISWA SLB 2025-09-07T00:09:11+00:00 Nabiilah Rajwaa Zaahirah nabilaraajwaa2006@gmail.com Nazwa Febri Wulandari nasawulan14@gmail.com Frenza Fairuz Firmansyah frenza@unej.ac.id <p>Di era digital saat ini beberapa sekolah masih kekurangan fasilitas teknologi yang menunjang pendidikan. Permasalahan ini berdampak pada proses belajar siswa, khususnya siswa berkebutuhan khusus yang memerlukan media inovatif dan interaktif sebagai penunjang. Kurikulum yang belum sepenuhnya adaptif dan minimnya penggunaan teknologi bantu menjadi kendala bagi siswa SLB dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi dan alternatif yang tepat adalah media pembelajaran <em>SmartMath Pop-Up Book </em>dilengkapi <em>Augmented Reality</em> yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemaham belajar siswa SLB<em>.</em> Media ini menampilkan bentuk visual yang menarik dan <em>interactive 3D learning</em>, media ini juga menyajikan elemen digital dalam bentuk AR melalui scan QR Code yang mempermudah penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelayakan serta keefektifan media <em>SmartMath Pop-Up Book</em> untuk siswa SLB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif melalui pemberian <em>Pre-Test, Post-Test</em>, kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa SLB akan materi matematika dasar seperti berhitung dan bangun datar mengalami peningkatan setelah penggunaan media belajar <em>SmartMath Pop-Up Book. </em>Oleh karenanya, peneliti memberikan rekomendasi agar <em>SmartMath Pop-Up Book</em> dapat lebih dikembangkan bahkan diterapkan untuk pembelajaran lainnya, serta pendidik diberikan pelatihan ringan untuk memaksimalkan penggunaan media ajar <em>SmartMath Pop-Up Book</em> ini.</p> 2025-09-07T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24089 INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS RANGKAIAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA LISTRIK 2025-09-07T01:08:28+00:00 Mauludin Satryawan Ahmad satryawan111@gmail.com Resno Umbu Sebu resnoumbusebu@gmail.com Maria Tefa maria_tefa@staf.undana.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Beberapa konsep abstrak seperti arus, tegangan, dan hambatan dalam materi kelistrikan fisika sering kali menjadi tantangan besar dalam proses pembelajaran. Hal ini menuntut adanya inovasi media pembelajaran yang konkret dan interaktif. Artikel ini mengkaji efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis rangkaian digital melalui studi literatur sistematis terhadap tujuh sumber ilmiah dalam 10 tahun terakhir. Fokus utama kajian adalah pemanfaatan komponen IC LM324, LM339, serta gerbang logika TTL 7408 dan 7486 untuk memvisualisasikan alat hukum Ohm dan hukum Kirchhoff. Hasil kajian menunjukkan bahwa media ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan memvisualisasikan konsep kelistrikan secara nyata dan mendorong pembelajaran aktif. Media ini dinilai efektif, mudah dirakit, ekonomis, serta sesuai dengan konteks sekolah menengah dengan keterbatasan sarana. Selain itu, pendekatan ini berkontribusi dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan eksplorasi siswa. Penelitian menyarankan agar pengembangan media didukung dengan pelatihan guru dan integrasi ke dalam kurikulum. Dengan demikian, media ini berfungsi sebagai alat bantu belajar sekaligus sarana eksplorasi untuk memperkuat pembelajaran berbasis proyek dan teknologi di era digital.</span></span></p> 2025-09-07T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##