Haumeni Journal of Education https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni <p style="text-align: justify;">Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, pengembangan profesionalisme guru, studi kasus, studi teoritik, review artikel bidang pendidikan serta topik pendidikan lainnya dari berbagai jenis penelitian seperti survei, penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, penelitian kualitatif dll. Haumeni Journal of Education akan terbit dua kali setahun pada bulan <strong>Juni dan Desember</strong>.&nbsp;</p> <p style="text-align: justify;">Berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 0173/C3/DT.05.00/2025, Haumeni Journal of Education telah terkreditasi dan terindeks SINTA 5 terhitung mulai Volume 2 Nomor 1 Tahun 2022 sampai Volume 6 Nomor 2 Tahun 2026. Kami mengajak para akademisi, mahasiswa dan khalayak umum yang tertarik mempublikasikan hasil penelitian maupun hasil pemikiran di Haumeni Journal of Education.</p> en-US editorial.haumeni@staf.undana.ac.id (Moses Kopong Tokan) damianus.damo@staf.undana.ac.id (Damianus D. Samo) Mon, 01 Sep 2025 13:29:46 +0000 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 TRANSFORMASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI: MEMADUKAN PEMBELAJARAN KLASIKAL DAN DIGITAL PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN FIP UNESA https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24233 <p>The transformation of learning through the integration of classical and digital methods is a necessity in responding to the challenges of 21st century education. This study aims to examine the implementation and impact&nbsp; of <em>the blended learning</em> model&nbsp; in the FIP UNESA Education Management Study Program, as well as formulate an ideal integrated learning model. This study uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through questionnaires, in-depth interviews, and document analysis. The data was analyzed thematically by linking the findings with education management theory and learning technology. The results show that the use of technology such as LMS, collaborative applications, and interactive media has increased the accessibility and flexibility of student learning. However, challenges such as limited infrastructure, lecturer readiness, and digital literacy gap are still obstacles. The research recommends an <em>interaction-based blended learning</em> model&nbsp; supported by infrastructure support, lecturer capacity building, and varied and relevant digital content, to ensure the quality and sustainability of learning in higher education environments.</p> Poltjes Pattipeilohy, Karwanto Karwanto, Supriyanto Supriyanto, Windasari Windasari, Aditya Chandra Setiawan, Kaniati Amalia, Ahmad Abdullah Zawawi, Johan Pattiasina, Sindy Sindy ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24233 Mon, 01 Sep 2025 00:00:00 +0000 Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum di Era Digital https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24455 <p>Pendidikan Bahasa Indonesia berperan penting dalam meningkatkan literasi hukum di era digital, terutama dalam menanggulangi rendahnya pemahaman hukum di kalangan masyarakat Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pendidikan Bahasa Indonesia dapat menguatkan literasi hukum melalui pendekatan literasi kritis dan menjelaskan cara-cara integrasi literasi hukum dalam pembelajaran bahasa sesuai dengan tuntutan era digital. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan, artikel ini mengkaji literatur, dokumen hukum, serta penelitian terdahulu terkait topik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi literasi hukum masyarakat Indonesia, khususnya terkait dengan penggunaan informasi hukum di ruang digital, masih rendah. Hal ini memperlihatkan perlunya integrasi literasi hukum dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kesadaran hukum. Dengan memanfaatkan teks hukum dan analisis wacana kritis dalam pembelajaran bahasa, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis terhadap hukum dan kebijakan yang ada. Artikel ini menyimpulkan bahwa Pendidikan Bahasa Indonesia, melalui integrasi literasi hukum, mampu menciptakan generasi muda yang lebih melek hukum, adaptif terhadap perkembangan digital, dan mampu berpartisipasi dalam kehidupan sosial yang lebih sadar hukum.</p> Fadil Mas'ud, Izhatullaili Izhatullaili, Yunitha Devrudyan Doko, Karolus Budiman Jama ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24455 Mon, 01 Sep 2025 00:00:00 +0000 EVALUASI PROGRAM BLENDED LEARNING TERHADAP DAYA JUANG MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL KIRKPATRICK https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24108 <p>&nbsp;Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta memiliki mahasiswa datang dari berbagai daerah, suku, ras, budaya, karakter dan bahkan pekerjaan. STT Ekumene sendiri menerima input mahasiswa dari berbagai daerah dengan tiga jenjang pendidikan yaitu Sarjana, Magister dan Doktor. Namun dalam pelaksanaannya jenjang magister dan doktor mengalami hambatan dikarenakan latar belakang mahasiswa yang berbeda- beda yang membuat mahasiswa sulit mengikuti jadwal perkuliahan dari kampus.&nbsp;Program <em>Blended Learning </em>menjadi jawaban yang tepat atas persoalan yang dihadapi oleh mahasiswa. &nbsp;<em>Blended Learning </em>sendiri adalah pembelajaran yang memadukan pembelajaran berbasis teknologi dan pembelajaran tatap muka secara langsung di dalam kelas.&nbsp;Namun dalam kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum mampu datang ke kampus STT Ekumene Jakarta untuk mengikuti program tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa masih kurangnya daya juang mahasiswa di STT Ekumene Jakarta untuk mengikuti Program tersebut. karena perkuliahan akan dilaksanakan dengan dua metode sekaligus dan menuntut mahasiswa untuk lebih mandiri dan memiliki semangat yang tinggi dalam menyelesaikan seluruh perkuliahan. sehingga penelitian ini diangkat untuk mengetahui efektivitas program Blended Learning terhadap daya juang mahasiswa di STT Ekumene Jakarta. dengan menggunakan penelitian Kualitatif dengan metode observasi dan wawancara di dapati bahwa program Blended Learning dapat meningkatkan Daya Juang mahasiswa di STT Ekumene Jakarta.&nbsp;Sehingga program ini dipandang efektif&nbsp; dilaksanakan.</p> Seli Antonia Tagu Sunga, Novi Kristiani Tahalele, Bazahati Laia ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24108 Mon, 01 Sep 2025 00:21:49 +0000 TINJAUAN SISTEMATIS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI POPCORN BRAIN PADA SISWA SMA https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24071 <p>Fenomena <em>popcorn brain </em>yang ditandai dengan kesulitan fokus, kecemasan, dan ketergantungan terhadap gawai akibat paparan digital berlebih menjadi salah satu tantangan serius dalam perkembangan psikologis siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan <em>Cognitive Behavior Therapy </em>(CBT) dalam mengatasi popcorn brain pada remaja. Metode yang digunakan adalah <em>Systematic Literature Review </em>(SLR) terhadap sepuluh artikel jurnal nasional dan internasional yang relevan. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi pola intervensi dan dampak pendekatan CBT terhadap aspek kognitif, emosional, dan sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis CBT dapat membantu siswa mengurangi kecanduan gadget, menurunkan kecemasan digital, meningkatkan regulasi emosi, serta memperbaiki fungsi eksekutif seperti konsentrasi dan pengendalian diri. Pendekatan CBT juga berperan dalam mendorong keterlibatan sosial dan membentuk perilaku disiplin dalam penggunaan teknologi. Dengan demikian, layanan ini direkomendasikan untuk diintegrasikan ke dalam program bimbingan dan konseling di sekolah sebagai upaya preventif dan kuratif terhadap dampak negatif overstimulasi digital.</p> Lupiana Tutut Pretiwi, Antonius Ian Bayu Setiawan ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24071 Mon, 01 Sep 2025 00:00:00 +0000 DIGITAL DETOX TIGA JALUR UNTUK PELAJAR DI ERA SOCIETY 5.0 MELALUI ZBG, JDH, DAN JID https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24102 <p>Perubahan besar dalam kehidupan masyarakat global terjadi akibat pandemi COVID-19, termasuk Indonesia. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak. Kebiasaan peserta didik dalam menggunakan gawai secara berlebihan, bahkan di luar konteks belajar. Adiksi gawai tersebut memberi dampak nyata pada penurunan tingkat konsentrasi, prestasi belajar, serta menurunnya kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi secara sehat. Dalam konteks <em>Society </em>5.0, yang mengdepankan harmoni antara kemajuan teknologi dan kualitas hidup manusia, penggunaan gawai berlebihan adalah tantangan yang perlu diatasi guna menciptakan peserta didik berkualitas. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut dikembangkan solusi berupa program <em>Digital Detox</em> dengan serangkaian program edukatif seperti: Zona Bebas Gawai (ZBG), Jadwal Detox Harian (JDH), dan Jadwal Interaksi Digital (JID). Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan komparatif di dua sekolah menengah yang menerapkan kebijakan penggunaan gawai berbeda. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sukowono yang sudah menerapkan larangan gawai, dan anggota OSIM MAN 4 Banyuwangi yang belum menerapkan. 90% responden; setuju dengan program <em>Digital</em><em> Detox, </em>ini merupakan dampak awal nyata dalam meningkatkan kesadaran peserta didik tentang pentingnya menggunakan gawai dengan bijak di sekolah. Penelitian ini merupakan dasar yang diharapkan menjadi pijakan dalam pengembangan kebijakan berbasis data mengenai pola penggunaan teknologi oleh peserta didik.</p> Rina Dwi Rahayu, Maulidia Riska Sugiyanti, Dyah Arum Arimurti ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24102 Wed, 03 Sep 2025 12:03:10 +0000 PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA UNIVERSITAS NUSA CENDANA DI ERA SOCIETY 5.0 https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24126 <p>This study examines the role of <em>Artificial Intelligence </em>(AI) technology in supporting the learning effectiveness of students at the University of Nusa Cendana in the Society 5.0 era. The background of this research is based on the importance of integrating intelligent technologies into higher education to create learning that is more adaptive, effective, and personalized. The purpose of this study is to determine the extent to which AI is used by students and how it impacts learning effectiveness. The method employed is descriptive quantitative, with data collected through an online questionnaire involving 76 active students. Data analysis was conducted using descriptive statistics to identify usage patterns and students' perceptions of AI. The results show that 98.7% of students have used AI, with 38.2% using it daily and 53.9% several times a week. These findings conclude that AI is a beneficial learning tool, but not a substitute for educators</p> Ayu Fitriani Rizkiyah Lestari, Arini Rahma Dhani ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24126 Wed, 03 Sep 2025 14:55:01 +0000 IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN ASSEMBLR EDU SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PROGRAM STUDI PERMESINAN KAPAL DI ERA DIGITAL https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24081 <p>Perkembangan teknologi digital menuntut transformasi dalam metode pembelajaran, khususnya pada Program Studi Permesinan Kapal yang memerlukan pemahaman mendalam tentang komponen mesin kapal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi <em>Augmented Reality </em>(AR) menggunakan platform Assemblr EDU sebagai inovasi pembelajaran untuk visualisasi komponen mesin kapal secara tiga dimensi. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan 25 mahasiswa Program Studi Permesinan Kapal semester II sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi pembelajaran dan kuesioner evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi AR untuk visualisasi 3D komponen mesin kapal mendapat respons sangat positif dengan tingkat kepuasan pembelajaran mencapai 88%, efektivitas pembelajaran 90%, dan motivasi belajar 92%. Mahasiswa dapat memvisualisasikan komponen mesin kapal secara tiga dimensi dengan detail yang lebih akurat, memahami struktur internal komponen, dan mengidentifikasi bagian-bagian mesin dengan presisi tinggi. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi dan kurva pembelajaran penggunaan platform. Penelitian ini menyimpulkan bahwa AR dengan Assemblr EDU efektif meningkatkan kualitas pembelajaran visualisasi komponen mesin kapal dan dapat menjadi model inovasi pendidikan teknik di era digital.</p> Davin Aditiawan, Melse Denata Putriane, Imanuel Adam Tnunay ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24081 Fri, 05 Sep 2025 08:39:36 +0000 PENDIDIKAN MORAL BERBASIS PANCASILA SEBAGAI ANTITESIS PERILAKU ECHO CHAMBER DI KALANGAN MAHASISWA PPKn UNIVERSITAS KHAIRUN https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24649 <p>Fenomena <em>echo chamber</em> di ruang digital memengaruhi pola interaksi mahasiswa, termasuk mahasiswa PPKn Universitas Khairun, yang cenderung membatasi diri dalam kelompok homogen sehingga memperkuat <em>confirmation bias</em>. Penelitian ini bertujuan menganalisis fenomena tersebut, menelaah relevansi nilai-nilai Pancasila sebagai antitesis, serta merumuskan strategi implementasi pendidikan moral berbasis Pancasila. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen, dengan analisis interaktif Miles dan Huberman.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>echo chamber</em> melemahkan tradisi dialogis dan kritis di lingkungan akademik, misalnya mahasiswa lebih sering mengonsumsi informasi yang sejalan dengan pandangan mereka dan mengabaikan perbedaan perspektif. Di sisi lain, nilai-nilai Pancasila, khususnya kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan, relevan untuk membangun sikap terbuka dan inklusif. Strategi implementasi yang ditawarkan meliputi integrasi dalam kurikulum, penerapan pedagogi dialogis, penguatan budaya akademik, serta literasi digital berlandaskan Pancasila. Dengan demikian, pendidikan moral Pancasila dapat berfungsi sebagai antitesis <em>echo chamber</em> sekaligus membentuk generasi mahasiswa yang kritis, toleran, dan berkarakter kebangsaan.</p> Irham Wibowo, Wahyudin Noe, Fadil Mas'ud, Dorkas Yufice Ariyanti Kale ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24649 Sat, 06 Sep 2025 14:50:23 +0000 PENGEMBANGAN SMARTMATH POP-UP BOOK DILENGKAPI AUGMENTED REALITY SEBAGAI TRANSFORMASI PEMBELAJARAN INTERACTIVE 3D-LEARNING MATEMATIKA SISWA SLB https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24095 <p>Di era digital saat ini beberapa sekolah masih kekurangan fasilitas teknologi yang menunjang pendidikan. Permasalahan ini berdampak pada proses belajar siswa, khususnya siswa berkebutuhan khusus yang memerlukan media inovatif dan interaktif sebagai penunjang. Kurikulum yang belum sepenuhnya adaptif dan minimnya penggunaan teknologi bantu menjadi kendala bagi siswa SLB dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi dan alternatif yang tepat adalah media pembelajaran <em>SmartMath Pop-Up Book </em>dilengkapi <em>Augmented Reality</em> yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemaham belajar siswa SLB<em>.</em> Media ini menampilkan bentuk visual yang menarik dan <em>interactive 3D learning</em>, media ini juga menyajikan elemen digital dalam bentuk AR melalui scan QR Code yang mempermudah penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelayakan serta keefektifan media <em>SmartMath Pop-Up Book</em> untuk siswa SLB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif melalui pemberian <em>Pre-Test, Post-Test</em>, kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa SLB akan materi matematika dasar seperti berhitung dan bangun datar mengalami peningkatan setelah penggunaan media belajar <em>SmartMath Pop-Up Book. </em>Oleh karenanya, peneliti memberikan rekomendasi agar <em>SmartMath Pop-Up Book</em> dapat lebih dikembangkan bahkan diterapkan untuk pembelajaran lainnya, serta pendidik diberikan pelatihan ringan untuk memaksimalkan penggunaan media ajar <em>SmartMath Pop-Up Book</em> ini.</p> Nabiilah Rajwaa Zaahirah, Nazwa Febri Wulandari, Frenza Fairuz Firmansyah ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24095 Sun, 07 Sep 2025 00:00:00 +0000 INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS RANGKAIAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA LISTRIK https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24089 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Beberapa konsep abstrak seperti arus, tegangan, dan hambatan dalam materi kelistrikan fisika sering kali menjadi tantangan besar dalam proses pembelajaran. Hal ini menuntut adanya inovasi media pembelajaran yang konkret dan interaktif. Artikel ini mengkaji efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis rangkaian digital melalui studi literatur sistematis terhadap tujuh sumber ilmiah dalam 10 tahun terakhir. Fokus utama kajian adalah pemanfaatan komponen IC LM324, LM339, serta gerbang logika TTL 7408 dan 7486 untuk memvisualisasikan alat hukum Ohm dan hukum Kirchhoff. Hasil kajian menunjukkan bahwa media ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan memvisualisasikan konsep kelistrikan secara nyata dan mendorong pembelajaran aktif. Media ini dinilai efektif, mudah dirakit, ekonomis, serta sesuai dengan konteks sekolah menengah dengan keterbatasan sarana. Selain itu, pendekatan ini berkontribusi dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan eksplorasi siswa. Penelitian menyarankan agar pengembangan media didukung dengan pelatihan guru dan integrasi ke dalam kurikulum. Dengan demikian, media ini berfungsi sebagai alat bantu belajar sekaligus sarana eksplorasi untuk memperkuat pembelajaran berbasis proyek dan teknologi di era digital.</span></span></p> Mauludin Satryawan Ahmad, Resno Umbu Sebu, Maria Tefa ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/haumeni/article/view/24089 Sun, 07 Sep 2025 00:00:00 +0000