PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DAN MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS III SDI FATUFETO 1 KUPANG

Main Article Content

Silvester P Taneo
Martha K Kota
Abilda F Mone

Abstract

Penelitian betujuan untuk mengetahui peran guru sebagai pembimbing dan motivator dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas III SD Inpres Fatufeto 1 Kupang dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat minat membaca siswa kelas III SDI Fatufeto 1 Kupang. Jenis penelitian ini yakni kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 guru kelas  dan 10 orang siswa kelas III. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: a) Peran guru sebagai pembimbing meliputi tiga layanan bimbingan yakni 1) bimbingan pribadi, diterapkan dengan guru membimbing setiap siswa yang mengalami kesulitan membaca dengan pendekatan individual. 2) bimbingan sosial, diterapkan guru dengan mengajak semua siswa berinteraksi dan bekerjasama dalam proses pembelajaran. 3) bimbingan belajar, diterapkan guru dengan membimbing siswa khususnya dalam membaca  dengan suara yang lantang, penggunaan tanda baca, intonasi, dan pelafalan yang baik dan benar. Bimbingan diberikan guru melalui kegiatan Literasi sebelum proses pembelajaran, dengan bimbingan yang diberikan siswa semakin semangat dan giat dalam belajar dan membaca. b) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas III diterapkan guru dapat memberikan semangat dan dorongan bagi siswa melalui pemberian kalimat pujian, menceritakan berbagai cerita yang menginspirasi atau membangun dan mendorong peserta didik  untuk membaca di perpustakaan dan pojok membaca di sudut kelas. Faktor pendukung dan penghambat minat membaca siswa kelas III yaitu a) Pendukung minat membaca siswa kelas III meliputi: Guru, sarana prasarana dan lingkungan sekolah. b) Penghambat minat membaca siswa kelas III meliputi: Kurangnya kebiasaan membaca dan lingkungan keluarga yang kurang mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles