PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG DAN SATUAN BAKU SISWA KELAS III SD INPRES KELLE

  • Jiska Babys(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: pembelajaran contextual teaching and learning; hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pembelajaran matematika pada materi pengukuran panjang dan satuan baku di kelas III SD Inpres Kelle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa kelas III SD Inpres Kelle. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif dan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, hasil pre-test rata-rata nilai siswa adalah 32,5 dengan persentase ketuntasan 0%, sedangkan hasil post-test pada siklus I menunjukkan rata-rata nilai 63,75 dengan persentase ketuntasan 37,5% (3 siswa tuntas). Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88,75 dengan persentase ketuntasan 100% (semua siswa tuntas) dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengukuran panjang dan satuan baku di kelas III SD Inpres Kelle.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2025-05-27
Section
Articles