TRANSFORMASI BELAJAR MENGAJAR DENGAN MODUL BERBASIS SNOWBALL THROWING PADA KELAS 3 SDN INTI SUNGAI MIAI 11
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan penggunaan modul ajar yang tidak sesuai di Kelas 3 SDN Inti Sungai Miai 11. Melalui studi kasus, penelitian ini mengidentifikasi problematika penggunaan modul pembelajaran dan mengembangkan solusi berupa modul ajar berbasis model Snowball Throwing. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi modul ajar berbasis Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran IPAS, serta menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Meskipun terdapat beberapa kendala teknis, seperti keterbatasan waktu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Snowball Throwing dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.