IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD INPRES OESAPA DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah hendak menentukan implementasi pendidikan karakter yang telah diterapkan di SD Inpres Oesapa. Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah kerja sama antara guru dan orang tua agar bisa membentuk karakter siswa yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter siswa di SD Inpres Oesapa yang diterapkanĀ dan mendeskripsikan gambaran umum implemementasi pendidikan karakter yang sudan diterapakan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui jumlah sampel sebanyak 20 siswa yang di tentukan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Rancangan penelitianĀ yang digunakan adalah observasi dalam kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Inpres Oesapa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam perencanaan, kepala sekolah dan guru telah membuat program sekolah pembiasaan dan budaya sekolah yang berkaitan dengan karakteristik siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendidikan karakter sangat berperan penting untuk diterapkan pada siswa di sd inpres oesapa.