https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jocee/issue/feedJournal of Character and Elementary Education2025-05-31T05:57:12+00:00Maxsel Koro,S.Pd.,M.Pdmaxsel.koro@staf.undana.ac.idOpen Journal Systems<p style="display: none;"><a href="https://medialampung.id/">toto slot</a></p> <h5><em>e-ISSN: </em><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20221222461426809" target="_blank" rel="noopener"><strong><em>2963-6256</em></strong></a></h5> <h5><em>Journal of Character and Elementary Education </em>(JOCEE) merupakan jurnal Pendidikan Karakter dan Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menjadi media publikasi artikel penelitian dan non-penelitian (undangan) dengan frekuensi terbitan tiga kali dalam satu tahun (Januari, Mei, dan September). Ruang lingkup JOCEE adalah penelitian dan aplikasinya di bidang Pendidikan Karakter dan Pendidikan Dasar dengan jabaran sebagai berikut: Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, Pedagogi, Pendidikan IPS di Sekolah Dasar, Pendidikan IPA di Sekolah Dasar, Pendidikan PKn di Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar, Pendidikan Seni dan Prakarya di Sekolah Dasar</h5> <div style="display: none;"> <p><a href="https://wulingbogor.id/">toto 4d</a></p> <p><a href="https://rail.knust.edu.gh/">https://rail.knust.edu.gh/</a></p> </div> <p style="display: none;"><a href="https://todaysgraphicsinc.com/">Slot Gacor</a></p>https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jocee/article/view/21033PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG DAN SATUAN BAKU SISWA KELAS III SD INPRES KELLE2025-05-31T05:57:09+00:00Jiska Babyslisab1372@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pembelajaran matematika pada materi pengukuran panjang dan satuan baku di kelas III SD Inpres Kelle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa kelas III SD Inpres Kelle. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif dan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, hasil pre-test rata-rata nilai siswa adalah 32,5 dengan persentase ketuntasan 0%, sedangkan hasil post-test pada siklus I menunjukkan rata-rata nilai 63,75 dengan persentase ketuntasan 37,5% (3 siswa tuntas). Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88,75 dengan persentase ketuntasan 100% (semua siswa tuntas) dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengukuran panjang dan satuan baku di kelas III SD Inpres Kelle.</p>2025-05-27T04:18:38+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jocee/article/view/22151TRANSFORMASI BELAJAR MENGAJAR DENGAN MODUL BERBASIS SNOWBALL THROWING PADA KELAS 3 SDN INTI SUNGAI MIAI 112025-05-31T05:57:10+00:00Sari MubarokatiSarimubarokati11@gmail.comSiti Fatimahsitifatimahhh755@gmail.comAulia Azizah Ramadhaniauliaazizahramadhani11@gmail.comRahmahniar Rahimahrahmaniarrah21@gmail.comAldy Ferdiyansyahaldyferdiyansyah@ulm.ac.idAsniwati Asniwatiasniwati@ulm.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan penggunaan modul ajar yang tidak sesuai di Kelas 3 SDN Inti Sungai Miai 11. Melalui studi kasus, penelitian ini mengidentifikasi problematika penggunaan modul pembelajaran dan mengembangkan solusi berupa modul ajar berbasis model <em>Snowball Throwing</em>. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi modul ajar berbasis <em>Snowball Throwing</em> dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran IPAS, serta menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Meskipun terdapat beberapa kendala teknis, seperti keterbatasan waktu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model <em>Snowball Throwing</em> dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.</p>2025-05-27T04:41:30+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jocee/article/view/22152IMPLEMENTASI MEDIA ZEP QUIZ BERBASIS TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS 3 SD ISLAM SABILAL MUHTADIN2025-05-31T05:57:10+00:00Fitriah Fitriahfitriahbanyiur@gmail.comNor Lailawatinorlaila2ati04@gmail.comSiti Kholillahsitikholillah20122004@gmail.comAldy Ferdiyansyahaldyferdiyansyah@ulm.ac.idAsniwati Asniwatiasniwati@ulm.ac.id<p>Permasalahan rendahnya fokus dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas 3 SD Islam Sabilal Muhtadin menjadi latar belakang utama penelitian ini. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh penggunaan metode ceramah dan media konvensional yang monoton, sehingga mengakibatkan peserta didik cepat kehilangan konsentrasi dan tidak aktif mengikuti kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan fokus dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran IPAS melalui implementasi media Zep Quiz berbasis model pembelajaran <em>Teams Games Tournament</em> (TGT). Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan pendidik dan peserta didik kelas 3 SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Zep Quiz berbasis <em>Teams Games Tournament</em> (TGT) mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, kompetitif, dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih fokus, aktif, dan termotivasi untuk belajar. Media ini juga mendukung kerja sama kelompok, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, serta membantu guru dalam mengevaluasi pemahaman siswa secara langsung. Kendala teknis seperti kestabilan jaringan dan pengaturan waktu dapat diatasi dengan perencanaan yang tepat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media Zep Quiz berbasis <em>Teams Games Tournament</em> (TGT) terbukti efektif sebagai alternatif media pembelajaran yang interaktif dan relevan di jenjang sekolah dasar.</p>2025-05-28T05:25:24+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jocee/article/view/22153STUDI KASUS: IDENTIFIKASI KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN SIMGEM PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GADANG 2 BANJARMASIN2025-05-31T05:57:11+00:00Nazwa Aprinanazwaaprina15@gmail.comNurlaili Fitriyahnurlailifitriyaha@gmail.comSiti Nurhaliza0994.icha@gmail.comAldy Ferdiyansyahaldyferdiyansyah@ulm.ac.idAsniwati Asniwatiasniwati@ulm.ac.id<p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS khususnya pada materi IPS di kelas V SDN Gadang 2 Banjarmasin akibat keterbatasan media pembelajaran yang digunakan, kemudian guru yang masih berfokus pada metode ceramah dan media seperti papan tulis dan LKS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi permasalahan media ajar yang digunakan dan memberikan alternatif solusi melalui pengembangan media konkret bernama SimGem (Simulasi Gempa). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan SimGem mampu meningkatkan keaktifan, pemahaman, dan juga motivasi siswa dalam pembelajaran materi gempa bumi. Media ini memberikan pengalaman belajar yang konkret melalui simulasi sederhana efek geseran lempeng bumi menggunakan kotak berisi pasir dan miniatur bangunan. Selain itu, media ini juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan bekerja sama dalam kelompok. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah bahwa SimGem merupakan media pembelajaran yang efektif, sederhana, dan kontekstual dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS, khususnya pada topik bencana alam, media ini dapat menjadi solusi alternatif dalam mengatasi keterbatasan media ajar yang selama ini dihadapi di sekolah dasar.</p>2025-05-31T05:46:24+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jocee/article/view/21507PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN KELAPA LIMA KOTA KUPANG2025-05-31T05:57:12+00:00germalia ceunfin ceunfingemaceunfin@gmail.com<p><strong>Abstract:</strong> <em>This study aims to determine the application of the Teams Games Tournament (TGT) learning model in the material on the arrival of foreign nations to Indonesia to improve the learning outcomes of grade VI students of SDN Kelapa Lima Kupang City. This type of research is a class action research that is carried out in cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection stages. The subjects of this study are 30 students with details of 17 males and 13 females. Data collection instruments are in the form of test questions and observations as supporting data. The analysis technique used is a qualitative descriptive technique. The results of this study show that the arrival of foreign nations to Indonesia using the Teams Games Tournament learning model can improve the learning outcomes of grade VI students of SDN Kelapa Lima. In the first cycle, student learning outcomes were 40% in the less category and increased to 83.33% in the second cycle whic was in the good category. So the Temas games Tournament learning model can improve student learning outcomes in the material on the arrival of foreign nations to Indonesia in grade VI of SDN Kelapa Lima Kupang City. </em></p>2025-05-31T05:56:11+00:00##submission.copyrightStatement##