PRAKTIK KERJA LAPANGAN DAN INFORMASI PEKERJAAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KOMPETENSI TEKNIK TENAGA LISTRIK KELAS XII TAHUN AJARAN 2022/2023 DI SMK NEGERI 2 KUPANG
FIELD WORK PRACTICES AND JOB INFORMATION ON THE WORK READINESS OF ELECTRICAL POWER ENGINEERING COMPETENCE STUDENTS CLASS XII IN ACADEMIC YEAR 2022/2023 AT SMK NEGERI 2 KUPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Teknik Tenaga Listrik kelas XII SMK Negeri 2 Kupang. (2) pengaruh informasi pekerjaan terhadap kesiapan kerja siswa. (3) pengaruh praktik kerja lapangan dan informasi pekerjaan terhadap kesiapan kerja siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost-facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Tenaga Listrik tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) praktik kerja lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (4.492 > 3.993) dan sumbangan efektif yang diberikan 5.99%. (2) informasi pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (7.260 > 3.993) dan sumbangan efektif (SE) yang diberikan informasi pekerjaan 9.71%. (3) praktik kerja lapangan dan informasi pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (5.766 > 3.145) dan sumbangan efektif yang diberikan praktik kerja lapangan dan informasi pekerjaan secara bersama-sama adalah 15.7%, sedangkan 84.3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.