PREVENTIVE MAINTENANCE PADA ARTICULATED DUMP TRUCK KOMATSU HM400-3R DI PT. PAMAPERSADA NUSANTARA BONTANG

PREVENTIVE MAINTENANCE ON KOMATSU HM400-3R ARTICULATED DUMP TRUCK AT PT. PAMAPERSADA NUSANTARA BONTANG

  • Dadang Kurniawan(1*)
    Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Hari Rarindo(2)
    Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Lisa Agustriyana(3)
    Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Agus Dani(4)
    Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Alat Berat, Batu Bara, Komatsu HM400-3R, Maintenance, Preventive Maintenance

Abstract

Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui proses preventive maintenance pada Articulated Dump Truck Komatsu HM400-3R di PT. Pamapersada Nusantara, Bontang. PT. Pamapersada Nusantara, Bontang adalah salah satu area operasi yang dimiliki oleh PT, Pamapersada Nusantara yang mana perusahaan ini bergerak di bidang kontraktor pertambangan batu bara di Indonesia. Dalam kegiatan operasionalnya, PT. Pamapersada Nusantara mengoperasikan beberapa alat berat diantaranya adalah excavator, dozer, drilling, articulated dump truck, light truck, dan wheel loader. Semua alat-alat berat tersebut beroperasi 24 jam. Kendala atau masalah yang dialami berupa kerusakan serta gangguan pada alat-alat berat yang dioperasikan, sehingga dapat mengganggu proses penambangan dan berakibat pada menurunnya jumlah produksi batu bara yang sudah ditargetkan oleh pemilik lahan. Kendala atau masalah yang terjadi maka dibuatlah sistem perencanaan dan penjadwalan pada semua alat berat yang di operasikan oleh PT. Pamapersada Nusantara, salah satunya adalah Articulated Dump Truck Komatsu HM400-3R. Sistem perencanaan dan penjadwalan yang digunakan adalah preventive maintenance, yang mana program preventive maintenance ini merupakan sebuah program perawatan yang dilakukan secara berjadwal.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-05-31
How to Cite
Kurniawan, D., Rarindo, H., Agustriyana, L., & Dani, A. (2023). PREVENTIVE MAINTENANCE PADA ARTICULATED DUMP TRUCK KOMATSU HM400-3R DI PT. PAMAPERSADA NUSANTARA BONTANG. Jurnal Teknologi, 17(1), 17-21. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/11332
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.