ANALISIS PENURUNAN KESADAHAN PADA AIR SADAH SINTETIS (CaCl2) OLEH ZEOLIT ALAM ENDE

ANALYSIS REDUCTION OF SYNTHETIC HARDWARE WATER (CaCl2) BY ENDE’S NATURAL ZEOLITE

  • Katharina B. V. Ngere(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Yusuf Rumbino(2)
    Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Noni Banunaek(3)
    Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Zeolit, Kesadahan

Abstract

Kesadahan merupakan masalah yang sering ditemukan pada air. Kesadahan dapat diatasi menggunakan zeolit sebagai adsorben. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan zeolit alam Ende dalam menurunkan kesadahan dengan variasi ukuran butir yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode titrasi untuk mengetahui kadar kesadahan sampel, kadar kesadahan sampel sebelum perlakuan 80 mg/l, setelah diberi perlakuan oleh zeolit ukuran 60 mesh selama 60 menit kadar kesadahan turun menjadi 20 mg/l. Sedangkan setelah diberi perlakuan oleh zeolit 100 mesh selama 60 menit kadar kesadahan turun menjadi 50 mg/l. Setelah diberi perlakuan oleh zeolit 200 mesh selama 60 menit kadar kesadahan turun menjadi 20 mg/l. Untuk mengetahui kemampuan zeolit, hasil dari penelitian ini dibandigkan dengan penelitian sebelumnya tentang penurunan kesadahan menggunakan arang aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa semakin kecil ukuran butir dan semakin lama waktu kontak maka semakin besar kesadahan yang diserap zeolit.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-05-31
How to Cite
Ngere, K., Rumbino, Y., & Banunaek, N. (2023). ANALISIS PENURUNAN KESADAHAN PADA AIR SADAH SINTETIS (CaCl2) OLEH ZEOLIT ALAM ENDE. Jurnal Teknologi, 17(1), 27-31. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/11334
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.