PENGARUH PENAMBAHAN FLY ASH BATUBARA TERHADAP KUALITAS GERABAH

EFFECT OF COAL FLY ASH ADDITION ON POTTERY QUALITY

  • Meltri K. Funuk(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Yusuf Rumbino(2)
    Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Matilda Metboki(3)
    Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Gerabah, Fly ash, XRD, Porositas, Kuat Tekan

Abstract

Oesu’u merupakan Wilayah di Kabupaten Kupang yang sebagian penduduknya bermata pencaharian

sebagai  pembuat  keramik gerabah.  Proses pembuatan keramik gerabah di  Oesu’u  memanfaatkan lempung sebagai bahan baku utama dan pasir sebagai bahan tambahan. Selain pasir banyak bahan tambahan yang bisa digunakan sebagai campuran dalam pembuatan gerabah seperti abu sekam padi, jerami, dan limbah sisa lainnya yang mengandung banyak unsur silikat. Dalam penelitian ini bahan tambahan yang digunakan adalah fly ash, disisi lain fly ash memiliki sifat pengikat bila dicampur dengan air serta memiliki sifat-sifat pembentuk semen dan juga mengandung unsur slikat yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan fly ash batubara terhadap kualitas gerabah ditinjau dari porositas, kuat tekan, dan juga mengetahui komposisi mineral dari tanah liat dan fly ash serta komposisi campuran terbaik. Variasi persentase fly ash yang ditambahkan adalah 0%, 10%, 20%, 30%, dengan sampel dicetak berbentuk kubus 5x5x5 cm. Pembakaran dilakukan selama 24 jam dengan suhu antara 800-1000oC. Dari hasil analisis XRD yang dilakukan komposisi mineral pada tanah liat aluminium silikat hidroksit (kaolinit) pada fly ash clinozoisite fly ash jenis ini termasuk dalam fly ash kelas C. Nilai porositas dengan persentase fly ash 0% : 6.2%, 10% : 15.3%, 20% : 26.0%, 30% : 29.3%. Nilai kuat tekan dengan persentase fly ash 0% : 31.08 Mpa, 10% : 25.03 Mpa, 20% : 14.85 Mpa, 30% :

13.85 Mpa. Komposisi pencampuran terbaik berdasarkan standar adalah dengan persentase fly ash 10%.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-05-31
How to Cite
Funuk, M., Rumbino, Y., & Metboki, M. (2023). PENGARUH PENAMBAHAN FLY ASH BATUBARA TERHADAP KUALITAS GERABAH. Jurnal Teknologi, 17(1), 40-43. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/11338
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.