TIME SERIES KONSENTRASI KARBON DIOKSIDA DI UDARA AMBIEN UNTUK MENENTUKAN PROPORSI LUASAN RUANG TERBUKA HIJAU

TIME SERIES OF CARBON DIOXIDE CONCENTRATION IN THE AMBIENT AIR TO DETERMINE GREEN SPACE AREA

  • Aisyah Ahmad(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: pengukuran massa, massa bersih nol, vegetasi, ketinggian ruang

Abstract

Penelitian ini menyajikan penyelesaian suatu metode untuk menentukan luas ruang terbuka hijau melalui data deret waktu (time series) untuk konsentrasi karbon dioksida di udara ambien. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan vegetasi dalam mereduksi karbon dioksida udara ambien di ruang terbuka hijau di kawasan industri. Metode penilaian meliputi fraksi ruang terbuka hijau, dan variabel penggunaan lahan. Hasil utama dari penelitian ini adalah massa bersih karbon dioksida di udara ambien selama satu hari. Deret waktu per jam diterapkan untuk menentukan massa bersih karbon dioksida per volume udara, yang ditargetkan pada tingkat nol. Massa bersih karbon dioksida juga bergantung pada luas wilayah dengan ruang hijau, luas wilayah dengan bangunan, dan pengukuran ketinggian karbon dioksida di udara, yang dianggap sebagai parameter untuk menentukan area ruang terbuka hijau.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-05-31
How to Cite
Ahmad, A. (2023). TIME SERIES KONSENTRASI KARBON DIOKSIDA DI UDARA AMBIEN UNTUK MENENTUKAN PROPORSI LUASAN RUANG TERBUKA HIJAU. Jurnal Teknologi, 17(1), 57-63. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/11342
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.