ANALISIS METODE UPRATING TRANSFORMATOR PADA GARDU DISTRIBUSI TERHADAP OVERLOAD di PT.PLN ULP KUPANG

ANALYSIS OF TRANSFORMATOR UPRATING METHODS IN DISTRIBUTION GUARDUES ON OVERLOAD at PT PLN ULP KUPANG

  • i Made Parsa(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Alize Cormidiana Abel(2)
    Teknik Elektro, SMK Negeri 2 Kupang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Gardu distribusi, Uprating, Beban Lebih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode uprating terhadap overload (Beban Lebih) di PT.PLN (Persero) ULP Kupang, dan untuk  menganalisis besar pengaruh metode uprating terhadap overload (Beban lebih). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah, Kuantitatif Murni. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi lapangan, yakni pengukuran secara langsung ditempat objek penelitian, dan untuk mengetahui pengaruh serta besar pengaruh dilakukan dengan membandingkan data pengukuran dan perhitungan secara matematis pada transformator distribusi sebelum dan sesudah melakukan proses uprating, dan melakukan analisis menggunakan IBM SPSS 29.0, untuk mendapatkan persentase pengaruh dan besar pengaruh uprating terhadap overload (Beban Lebih). Hasil penelitian dari 32 gardu yang diambil sebagai sampel, menunjukkan bahwa besar pengaruh uprating terhadap overload (Beban Lebih) sebesar 0,223 (22,3 %) dengan beban paling tinggi adalah 98,61 sebelum melakukan uprating, setelah melakukan uprating besar pengaruhnya  0,530 (53%) dengan beban paling tinggi 75,56, sisanya sebesar 47% dipengaruhi oleh variabel lain. Selisih antara nilai persentase pengaruh sebelum dan sesudah uprating 30,7%. Berdasarkan interval koefisien menunjukkan bahwa metode uprating mempunyai korelasi kuat dan arah hubungan positif, mempengaruhi overload (Beban Lebih), sedangkan besar pengaruhnya mempunyai korelasi sedang dan arah hubungan positif.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2024-05-31
How to Cite
Parsa, i, & Abel, A. (2024). ANALISIS METODE UPRATING TRANSFORMATOR PADA GARDU DISTRIBUSI TERHADAP OVERLOAD di PT.PLN ULP KUPANG. Jurnal Teknologi, 18(1), 1-9. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/16414
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.