IDENTIFIKASI BENCANA LONGSOR DESA TUNBAUN

IDENTIFICATION OF THE TUNBAUN VILLAGE LANDSLIDE DISASTER

  • Andreas Sinuhaji(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Woro Sundari(2)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Longsor, Identifikasi, Tanah, Desa Tunbaun

Abstract

Desa Tunbaun di kecamatan Aramasi Barat, Kabupaten Kupang memiliki kondisi yang rawan terhadap longsor. Menurut penduduk setempat tanah di desa tersebut belum stabis dan terdapat retakan – retakan yang terus melebar seiring berjalannya waktu. Perlu dilakukan pengujian terhadap kondisi tanah di Desa Tunbaun guna dilakukan pengidentifikasian terhadap terjadianya longsor. Sampel tanah tidak terganggu di ambil di lokasi yang sudang terjadi longsor dan lokasi yang tidak terjadi longsor guna pengidentifikasian. Sampel di bawa ke laboratorium Pekerja Umum (PU) untuk di uji kadar air, sifat fisik dan meknis tanah. Hasil pengujian Batas cair dapat berfungsi sebagai indikator bahaya longsor, Dengan adanya peningkatan kadar air, viskositas tanah menjadi lebih rendah. Pada saat tertentu, ketika peningkatan kadar air yang progresif, kadar air akan mencapai batas cair (LL). Pada saat inilah mudflow dapat terjadi dengan kecepatan aliran yang makin tinggi Tingkat bahaya longsor dipengaruhi oleh sifat fisika tanah terutama tekstur, struktur, permeabilitas tanah, serta curah hujan dan kemiringan lahan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2024-05-31
How to Cite
Sinuhaji, A., & Sundari, W. (2024). IDENTIFIKASI BENCANA LONGSOR DESA TUNBAUN. Jurnal Teknologi, 18(1), 10-13. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/16415
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.