ANALISIS KESTABILAN LERENG DI KELURAHAN OEBUFU KOTA KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR

SLOPE STABILITY ANALYSIS IN OEBUFU URBAN VILLAGE, KUPANG CITY EAST NUSA TENGGARA

  • Woro Sundari(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kestabilan Lereng, Sudut Gesek, Kohesi

Abstract

Pada Kelurahan Oebufu, Kota Kupang telah terjadi longsor yang diakibatkan oleh tingginya curah hujan, sehingga perlu dilakukannya analisis kestrabilan lereng. Analisis kestabilan lereng dilakukan untuk menentukan faktor aman dari bidang longsor yang potensial. Analisis yang dilakukan pada Kelurahan Oebufu menggunakan metode spencer dan bishop dengan bantuan software geostudio 2018. Geostudio 2018 merupakan salah satu software geoteknik yang mempunyai spesialist sebagai software perhitungan kestabilan lereng. Dari hasil running, dapat diketahui faktor keamanan lereng pada bidang yang kritis. Data masukan yang dibutuhkan yakni berupa sifat fisik dan mekanik batuan berdasarkan sampel yang diperoleh dilapangan. Data yang di dapat setelah melakukan pengujian di laboratorium adalah kohesi (c), sudut geser dalam (ϕ), dan bobot isi tanah. Berdasarkan hasil pengamatan, lereng dengan tinggi 16 m dan sudut kemiringan 50º tersebut mempunyai FK bishop = 0,801 dan FK spencer = 0,826. Sedangkan faktor keamanan yang direkomendasikan FK bishop = 1,679 dan FK spencer 1,668 dengan cara memperkecil sudut kemiringan lereng menjadi 30º dan mengurangi ketinggin lereng, dengan desain lereng dibagi menjadi 3 bench. Maka dapat disimpulkan bahwa, semakin besar nilai kohesi (c) dan sudut geser (ϕ) maka faktor keamanan lereng akan semakin besar.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2024-05-31
How to Cite
Sundari, W. (2024). ANALISIS KESTABILAN LERENG DI KELURAHAN OEBUFU KOTA KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Teknologi, 18(1), 23-26. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/16418
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.