PROBABILITAS KELONGSORAN GEOMETRI LERENG HIGHWALL DI PT. MAHAKAM PRIMA AKBAR SEJATI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

LANDSLIDE PROBABILITY OF HIGHWALL SLOPE GEOMETRY IN PT. MAHAKAM PRIMA AKBAR SEJATI EAST KALIMANTAN PROVINCE

  • Woro Sundari(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Ika Fitri Krisnasiwi(2)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Frengky Banunaek(3)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Faktor Keamanan, Highwall, probabilitas

Abstract

PT. Mahakam Prima Akbar Sejati merupakan perusahaan tambang batubara yang menggunakan metode penambangan open pit, dimana dalam pelaksanaannya akan membuat lereng dengan geometri tertentu. Penelitian ini dilakukan pada PIT ‘N’ section A-A’ Highwall MPASGT-01, bertujuan untuk mengetahui nilai faktor keamanan yang aman dan sesuai dengan standar nilai faktor keamanan minimum yang ditetapkan perusahaan yaitu ≥ 1.3. Nilai faktor keamanan ditentukan dengan metode Bishop untuk overall slope, dari geometri section A-A’ Highwall 01 diperoleh sudut lereng (α) individu 65°, lebar bench 5 meter, tinggi (h) 10 meter, dengan jumlah lereng individu yang terbentuk sebanyak sembilan lereng, akan menghasilkan lereng keseluruhan (Overall Slope) dengan dimensi sudut lereng 48°, tinggi 90 meter, dan memiliki nilai faktor keamanan 1.46 dengan kumulatif keruntuhan sebesar 13.48%.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2024-05-31
How to Cite
Sundari, W., Krisnasiwi, I., & Banunaek, F. (2024). PROBABILITAS KELONGSORAN GEOMETRI LERENG HIGHWALL DI PT. MAHAKAM PRIMA AKBAR SEJATI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Teknologi, 18(1), 27-31. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/16422
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.