PENILAIAN RESIKO KERJA PADA PENAMBANGAN SIRTU DI FRONT PENAMBANGAN PT. SUJA KABUPATEN KUPANG

WORK RISK ASSESSMENT AT SIRTU MINING IN PT. SUJA MINING FRONT, KUPANG REGENCY

  • Marthino Arnold Hale(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Yusuf Rumbino(2)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: kecelakaan_kerja, front_penambangan, potensi_bahaya

Abstract

Kegiatan penambangan selalu menggunakan peralatan berat untuk penggalian (excavator) dan pengangkutan (dump truck). Kondisi kerja area tambang juga seringkali memiliki kondisi yang tidak ideal untuk bekerjanya (jalan miring, front penambangan yang terjal). Hal-hal tersebut mengakibatkan terbentuknya kondisi kerja yang tidak aman dan seringkali akibat kesalahan atau mengabaikan kondisi kerja yang berbahaya menyebabkan kecelakaan kerja. PT Suja merupakan salah satu perusahan yang melakukan penambangan sirtu di area pinggir sungai yang telah memiliki ijin usaha. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja maka dilakukan penilaian resiko berdasarkan standar AS/NZS 4360:2004 untuk mengetahui seberapa tingkat bahaya di setiap potensi bahaya yang ada pada tahap penambangan pasir dan batu (sirtu) di PT Suja yang beroperasi pada aliran sungai. Di lokasi front penambangan bekerja alat Excavator Hitachi ZX 200. Hasil analisis  terdapat 5 potensi bahaya dengan 2 kondisi pada tingkat bahaya high, dan 3 kondisi pada tingkat medium. Selanjutnya dengan rekomendasi pengendalian dapat menurunkan resiko menjadi 2 kondisi medium dan 3 kondisi low.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2024-05-31
How to Cite
Hale, M., & Rumbino, Y. (2024). PENILAIAN RESIKO KERJA PADA PENAMBANGAN SIRTU DI FRONT PENAMBANGAN PT. SUJA KABUPATEN KUPANG. Jurnal Teknologi, 18(1), 55-59. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/16427
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.