PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 SOE
COMPARISON OF LEARNING USING VIDEO MEDIA WITH POWER POINT MEDIA ON THE COGNITIVE ABILITIES OF GRADE X MULTIMEDIA STUDENTS AT STATE VOCATIONAL HIGH SCHOOL 1 SOE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada perbedaan pembelajaran menggunakan media video dengan media power point terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Soe (2). Berapa besar perbandingan pembelajaran menggunakan media video dengan media power point terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Soe.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah eksperimen, populasinya seluruh siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Soe, sampelnya 34 siswa, variabel penelitiannya adalah variabel bebas yakni pembelajaran menggunakan media video dengan pemebelajaran menggunakan media power point dan variabel terikatnya yaitu kemampuan kognitif siswa, teknik dan instrument pengumpulannya menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan pembelajaran menggunakan media video dengan media power point terhadap kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,007 < 0,05, ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media video dengan siswa yang diajarkan menggunakan media power point terhadap kemampuan kognitif siswa di SMK Negeri 1 Soe. 2) Besar perbandingan yang signitifikan antara pembelajaran menggunakan media video dengan media power point. Berdasarkan hasil uji, nilai signifikandinya sebesar 0,000 < 0,05, maka ada perbandingan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan media video dengan media power point terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X Multimediadi SMK Negeri 1 Soe.
Sariati Boimau(1*)