ANALISIS PENJUALAN SPARE PART MOBIL DENGAN METODE ABC (KONSEP 80-20) PADA GUDANG SUKU CADANG DI BENGKEL PT. ASTRA INTERNASIONAL Tbk. AUTO2000 PASURUAN
CAR SPARE PART SALES ANALYSIS WITH ABC (CONCEPT 80-20) METHOD IN SPARE PARTS WAREHOUSE IN PT. ASTRA INTERNASIONAL Tbk. AUTO2000 PASURUAN
Abstract
Setiap perusahaan manufaktur, selalu memerlukan persedian dan penjualan. Tanpa adanya persediaan dan penjualan, perusahaan akan dihadapkan pada sebuah resiko, tidak dapat memenuhi keinginan dan kepuasan pelanggan. Pengelompokan ABC dalam penjualan berangkat dari konsep 80-20 yang di kenal sebagai hukum Pareto. Konsep 80-20 berguna untuk merencanakan penjualan jika klasifikasi ABC akan diterapkan untuk jenis barang yang jumlahnya banyak. Metode penelitian ini digunakan adalah deskriptif dengan bantuan analisis kuantitatif yaitu nilai rata-rata penjualan. Selanjutnya digunakan pengelompokan barang berdasarkan analisis ABC yaitu kelompok A (nilai penjualan tinggi), kelompok B (sedang), dan kelompok C (rendah). Tujuan peneliti adalah mengetahui gambaran penjualan yang diterapkan AUTO2000 Pasuruan saat ini dan mengetahui rancangan analisis pengelompokan, menghitung nilai rata-rata penjualan, rasio layanan dalam penentuan penjualan spare part di AUTO2000 Pasuruan.
Hasil yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah jenis spare part permintaan konsumen seperti TGMO Bensin, TGMO Diesel, Oil filter, Brake fluid. Contoh Spare part tersebut merupakan bahan untuk servis berkala. Sedangkan Spark plug, TGGO Gardan, TGGO Transmisi merupakan bahan servis jangka panjang. Hasil persediaan spare part tersebut akan mengetahui besar unit yang akan dicapai, nilai rata-rata persediaan, dan inventory turnover pada spare part. Berdasarkan uraian di atas maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode ABC dengan konsep 80-20.