OPTIMASI JUMLAH PIT PADA QUICK SERVICE MOBIL DI BENGKEL MOBIL PT. X
THE TOTAL PIT OPTIMIZATION ON CAR QUICK SERVICE AT CAR WORKSHOP X Ltd.
Abstract
Dengan perkembangan dan bertambahnya pelanggan dari produk X, maka kebutuhan service juga akan bertambah. Jika jumlah pit yang ada tidak sesuai dengan jumlah pelanggan yang datang maka akan terjadi antrian service. Hal ini bisa merugikan pelanggan karena harus menunggu dalam antrian dan kehilangan banyak waktu uuntuk melakukan kegiatan lain. Sebaliknya jika terdapat PIT yang menganggur maka akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan karena menimbulkan biaya oprasional yang lebih bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui PIT service yang sesuai dengan jumlah dan kebutuhan pelanggan yang datang. Antrian terjadi saat ada pihak yang harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan, antrian dalam skala kecil maupun besar membutuhkan penyelesaian serta solusi yang tepat dan optimal. Dengan dilakukan penelitian ini maka akan mengetahui jumlah PIT yang optimal dan sesuai dengan jumlah pelanggan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif., yaitu melakukan variasi jumlah PIT dengan dasar keadaan saat ini. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi dengan melakukan pengamatan dan pengambilan data langsung jumlah pelanggan. Selanjutnya adalah melakukan wawancara pihak bengkel untuk mendapatkan informasi sebagai acuan dalam melakukan peneletian. Hasil analisis yang didapat adalah sebagai berikut: Model antrian yang digunakan untuk servis cepat pada PIT di bengkel X adalah (M/M/2):(FIFO/∞/∞). Jumlah PIT servis pada servis cepat dengan 2 PIT servis saat ini sudah optimal. Dari analisis menggunakan model keputusan tingkat aspirasi, diperoleh jumlah optimum yaitu sebanyak 2 PIT dengan nilai