KONSEP BANGUNAN BARU RAMAH LINGKUNGAN (GREEN BUILDING) DARI SUDUT EVALUASI ILMU LINGKUNGAN

GREEN BUILDING FROM THE ANGLE OF ENVIRONMENTAL SCIENCE EVALUATION

  • Harijono Harijono(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Konsep Green Building dari aspek ilmu lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan lingkungan ditinjau dari sudut ilmu lingkungan dengan permasalahan pokok bagaimana suatu bangunan baru memenuhi kriteria penilaian Green Building serta apakah bangunan baru telah menerapkan konsep Green Building. Permasalahan lingkungan dan pemanasan global menjadi problem utama yang sudah sangat gencar yang dikemukakan para ahli lingkungan akhir-akhir ini, salah satunya adalah penyebab dari kerusakan lingkungan datang dari bidang jasa dan konstruksi bangunan gedung. Oleh sebab itu untuk mengurangi terjadinya kerusakan lingkungan diakibatkan oleh industri konstruksi bidang bangunan gedung, digunakanlah suatu inovasi yang perlunya mengimplementasikan suatu konsep bangunan yang ramah lingkungan atau dikenal dengan Green Building. Dari tinjauan dari ilmu lingkungan ini akan sangat baik jika diterapkan pada daerah yang sedang membangun bangunan baru yang tentunya juga tergantung dari perawatan dan pemeliharaan yang rutin dan berkala. Mengingat pada saat ini munculnya beberapa bangunan baru bahkan bertingkat diperlukan suatu tolak ukur dalam menerapkan Green Building pada pembangunan gedung tersebut. Dengan menggunakan penilaian Greenship untuk bangunan baru.

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-05-31
How to Cite
Harijono, H. (2021). KONSEP BANGUNAN BARU RAMAH LINGKUNGAN (GREEN BUILDING) DARI SUDUT EVALUASI ILMU LINGKUNGAN. Jurnal Teknologi, 15(1), 17-21. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/4313
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.