PENGELOLAAN SAMPAH DI KAWASAN TAMAN EKOWISATA MANGROVE KOTA KUPANG

WASTE MANAGEMENT IN MANGROVE ECOWISATA TAMAN KOTA KUPANG

  • Yanuarius Pengo(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • Paul G. Tamelan(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • Asrial Asrial(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Sistem pengelolaan, Ekowisata Mangrove

Abstract

Taman Ekowisata Mangrove Kota Kupang merupakan Tempat wisata yang sangat Indah karena lingkungannya sangat Asri, dan berdekatan dengan pantai. Keunikan ini merupakan salah satu faktor untuk menarik perhatian wisatawan yang hendak berkunjung, namun akhir – akhir ini Taman Ekowisata Mangrove Kota Kupang menimbulkan dampak negative terhadap lingkungan sekitar Taman Ekowisata  Mangrove yang kemudian berpengaruh terhadap minat pengunjung atau wisatawan sehingga pengunjung merasa risih atau kurang nyaman dengan keadaan sampah di sekitar Taman Ekowisata mangrove Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui presepsi pengunjung terhadap pengelolaan sampah di Taman Ekowisata Mangrove Kota Kupang. (2) mengetahui Sistem pengelolaan sampah yang ada di Taman Ekowisata Mangrove Kota Kupang.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian perhitungan rating scale di Taman Ekowisata Mangrove Kota Kupang adalah 42,67% dalam kategori kurang baik dengan nilai presentase indikator masing-masing yaitu: Lingkungan 35,00% dengan kategori Kurang Baik, Fasilitas kebersihan 32, 50% dengan kategori Kurang Baik, Sarana Prasarana 81,67% dengan kategori Sangat Baik, Pelayanan 77,5% dengan kategori Baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-05-31
How to Cite
Pengo, Y., Tamelan, P., & Asrial, A. (2021). PENGELOLAAN SAMPAH DI KAWASAN TAMAN EKOWISATA MANGROVE KOTA KUPANG. Jurnal Teknologi, 15(1), 27-33. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/4315
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.