PENGARUH VARIABEL MEJA GOYANG (SHAKING TABLE) UNTUK MEMISAHKAN MINERAL MANGAN DARI MINERAL PENGOTOR

EFFECT OF SHAKING TABLE VARIABLES TO SEPARATE MANGANESE FROM MINERALS

  • Yusuf Rumbino(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Noni Banunaek(2)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: shaking_table, konsentrat, tailing, perolehan, mangan

Abstract

PT X merupakan perusahaan yang bergerak dalam penambangan bijih mangan di Pulau Timor, khususnya di Kabupaten Timor Tengah Utara. Perusahaan memiliki fasilitas pencucian bijih mangan dengan menggunakan alat Jig. Endapan pencucian berupa padatan berupa lumpur lempung yang masih terdapat butiran bijih mangan yang berukuran halus (< 0,5 mm). Kegiatan pengayakan dengan menggunakan ayakan 30mesh (0,5mm). Endapan ini selanjutnya dipisahkan menjadi konsentrat dan tailing dengan alat shaking table dengan kemiringan meja 3°, 5° dan 8° dengan berat sampel 1000 gr, 1500 gr dan 2000 gr. Setelah melakukan kegiatan tersebut maka diperoleh hasil perbandingan concentrate dan feed atau biasa disebut persentase recovery. Hubungan kemiringan deck meja terhadap recovery mineral mangan bervariasi berkisar 61,5 – 62,7 % pada kemiringan 3o berkisar 42,2 – 47,5 % pada kemiringan 5o, berkisar 32 – 32,7 % pada kemiringan 8o. Recovery yang dicapai pada beberapa laju aliran adalah:49,6-49,9% pada laju aliran 10liter/menit 34,6-34,8% pada laju aliran 15liter/menit, 24,4-24,8% pada laju aliran 20liter/menit.

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-05-31
How to Cite
Rumbino, Y., & Banunaek, N. (2021). PENGARUH VARIABEL MEJA GOYANG (SHAKING TABLE) UNTUK MEMISAHKAN MINERAL MANGAN DARI MINERAL PENGOTOR. Jurnal Teknologi, 15(1), 59-62. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/4735
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.