PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TITL SMK NEGERI 2 KUPANG
INCREASING ELECTROMAGNETIC CONTROL LEARNING OUTCOMES THROUGH GUIDED INQUIRY LEARNING STRATEGY FOR STUDENTS OF CLASS XI TITL SMK NEGERI 2 KUPANG
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pengendali Elektromagnetik peserta didik melalui strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah 27 orang peserta didik kelas XI TITL SMK Negeri 2 Kupang pada semester gasal 2018/2019. Penelitian tindakan kelas (Classroom action research) ini terdiri dari dua siklus dengan masing-masing empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi keterlaksanaan aktivitas peserta didik dan pendidik dalam mengikuti proses pembelajaran melalui strategi pembelajaran inkuiri, tes untuk mengukur hasil belajar Pengendali Elektromagnetik peserta didik, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar belajar pengendali elektromagnetik peserta didik kelas XI TITL SMK Negeri 2 Kupang. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, yaitu, (1) aktivitas peserta didik menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 43.55% meningkat menjadi 82.555. (2) aktivitas pendidik juga mengalami peningkatan yaitu 66.66% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 93.33%. (3) rata-rata nilai hasil belajar Pengendali Elektromagnetik peserta didik meningkat dari 63.07% menjadi 88.74%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada peningkatan hasil belajar pengendali Elektromagnetiki peserta didik kelas XI TITL SMK Negeri 2 Kupang.