PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELAS XI TEKNIK LISTRIK SMK NEGERI 2 KUPANG PELAJARAN TEKNIK TENAGA LISTRIK DENGAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

INCREASING LEARNING OUTCOMES FOR CLASS XI ELECTRICAL ENGINEERING SMK NEGERI 2 KUPANG LEARNING ELECTRICAL ENGINEERING WITH STUDENTS FACILITATOR AND EXPLAINING

  • Sosiawan Hadarawi(1*)
    Program Studi Teknik Listrik SMK Negeri 2 Kupang
  • I Made Parsa(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Fasilitator, Siswa, dan Penjelasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa sebelum menerapkan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran teknik Tenaga Listrik di Kelas XI Teknik Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kupang (2) respon belajar siswa pada mata pelajaran teknik Tenaga Listrikdi Kelas XI Teknik Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kupang dengan menerapkan metode Student Facilitator and Explaining (3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik Tenaga Listriksetelah mengikuti pemebelajaran dengan menerapkan metode Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) partisipan dengan model desain Kemmis dan Taggrat. Subjek penelitian dilakukan pada Kelas XI Teknik Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2020/2021. Pada penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan mendapatkan perlakuan yang sama pada tiap siklus. Adapun aspek yang diamati dalam penelitian ini yaitu (a) disiplin; (b) jujur; (c) tanggung jawab; (d) teliti; (e) kerja sama. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaininng pada mata pelajaran Teknik Tenaga Listrikmateri besaran listrik di Kelas XI Teknik Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kupang. Pada tes siklus I terdapat 12 orang siswa (48%) yang memperoleh skor 85 ke atas dengan nilai rata-rata 73. Kemudian mengalami peningkatan lagi setelah dilakukan tes siklus II terdapat 23 orang siswa (92%) yang memperoleh skor 85 ke atas dengan persentase nilai rata-rata 86,32. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran Student Facilitator And Explaininng dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI Teknik Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-05-31
How to Cite
Hadarawi, S., & Parsa, I. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELAS XI TEKNIK LISTRIK SMK NEGERI 2 KUPANG PELAJARAN TEKNIK TENAGA LISTRIK DENGAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING. Jurnal Teknologi, 16(1), 20-27. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/7312
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.