METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE UNTUK KEANDALAN PERAWATAN KETEL UAP PADA PT “X”

RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE METHOD FOR RELIABILITY MAINTENANCE OF STEAM BOTTLE IN PT “X”

  • Rahman Dwi Nugroho(1*)
    Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Hari Rarindo(2)
    Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Agus Setiawan(3)
    Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Eko Yudianto(4)
    Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Perawatan, Ketel Uap, dengan, Metode RCM

Abstract

Dalam sebuah dunia industri, kegiatan perawatan sangat perlu dilakukan untuk menjaga kondisi suatu mesin agar beroperasi dengan optimal dan dapat diterima. Sehingga dapat menggurangi downtime pada mesin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui komponen kritis, interval perawatan dan nilai keandalan mesin ketel uap pipa api pada perusahaan yang bergerak memproduksi makanan di Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah Reliability Centered Maintenance (RCM) dengan langkah awal melakukan pengambilan data yang dilakukan melalui wawancara serta data kerusakan yang pernah dialami selama periode Januari-Desember 2021, kemudian membuat analisis tabel FMEA guna mendapatkan peringkat dari sebuah komponen paling kritis sehingga dapat dilakukan perhitungan interval perawatannya. Selanjutnya melakukan perhitungan mean time between failure (MTBF) dan mean time to repair (MTTR), langkah terakhir adalah menentukan distribusi keandalan untuk menghitung nilai keandalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai risk priority number tertinggi 3 komponen kritis yaitu Pipa/Tube dengan nilai RPN 240, Burner dengan nilai RPN 224, Safety Valve dengan nilai RPN 168.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-05-31
How to Cite
Nugroho, R., Rarindo, H., Setiawan, A., & Yudianto, E. (2022). METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE UNTUK KEANDALAN PERAWATAN KETEL UAP PADA PT “X”. Jurnal Teknologi, 16(1), 35-38. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/7314
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.