ANALISIS KWALITAS AIR MINUM HASIL PEMBORAN DI KABUPATEN SUMBA TENGAH

ANALYSIS OF DRINKING WATER QUALITY RESULTS IN DRILLING IN CENTRAL SUMBA DISTRICT

  • Ika Fitri Krisnasiwi(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Woro Sundari(2)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Andreas Sinuhaji(3)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: geolistrik, tahanan jenis, akuifer, Schlumberger, interpretasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui litologi, kwalitas air hasil pemboran dan menguji kelayakan air hasil pemboran di daerah penelitian Kabupaten Sumba Tengah. Sampel diambil dari 3 lokasi Desa di Kabupaten Sumba Barat, sampel yang diambil merupakan air dari hasil pemboran yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air baku atau air minum. Litologi daerah penelitian Akuifer berada di satuan batugamping terumbu dengan tahanan jenis 20,5 ≤ 100 Ohm m yang diakhiri dengan lapisan kedap air (impermeable) seperti lempung atau semi impermeable seperti napal. Berdasarkan  hasil interpretasi disimpulkan ahwa sepanjang daerah pengukuran terdapat akuifer dengan kedalaman yang bervariatif, namun yang dapat dioptimalkan dengan pemboran adalah pada titik 01, 03, 04, 06, dan 09. Lokasi yang memiliki akuifer paling tebal adalah titik 04 (± 29,3 m)  dan 09 (± 38 m).

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-11-30
How to Cite
Krisnasiwi, I., Sundari, W., & Sinuhaji, A. (2022). ANALISIS KWALITAS AIR MINUM HASIL PEMBORAN DI KABUPATEN SUMBA TENGAH. Jurnal Teknologi, 16(2), 15-23. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/8991

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.