REDUKSI CO₂ OLEH RUANG TERBUKA HIJAU DI KAWASAN INDUSTRI

CO₂ REDUCTION BY GREEN OPEN SPACE IN INDUSTRIAL AREA

  • Aisyah Ahmad(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: karbon dioksida, pencemaran udara, ruang terbuka hijau, box model, udara ambien

Abstract

Karbon dioksida merupakan salah satu pencemar di udara ambien yang berbahaya bagi ekosistem. Vegetasi diketahui dapat mengurangi konsentrasi pencemar di udara. Penelitian ini menjelaskan tentang fungsi vegetasi pada ruang terbuka hijau (RTH) dalam mereduksi karbon dioksida (CO2) di udara ambien. Lokasi penelitian dilakukan pada kawasan industri karena diketahui bahwa industri merupakan sektor energi yang paling banyak menghasilkan emisi. Variabel penggunaan lahan digunakan untuk menentukan besaran luasan wilayah yang mempengaruhi penyerapan dan pelepasan emisi udara ambien. Data pengukuran konsentrasi karbon dioksida seri waktu dilakukan selama 12 jam dengan selang waktu 1 jam untuk mendapatkan nilai Net_CO₂. Hasil dari penelitian ini adalah lahan vegetasi dominan berpengaruh negatif, yang menggambarkan bahwa proses reduksi CO₂ lebih besar daripada emisi, sementara lahan tanpa vegetasi berpengaruh positif, yang menggambarkan bahwa proses emisi CO₂ terjadi lebih besar daripada emisi. Indikator pohon berpengaruh negatif terhadap Net_CO₂ yang berarti semakin besar proporsi luasan pohon, maka semakin kecil konsentrasi CO₂ di udara ambien.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-11-30
How to Cite
Ahmad, A. (2022). REDUKSI CO₂ OLEH RUANG TERBUKA HIJAU DI KAWASAN INDUSTRI. Jurnal Teknologi, 16(2), 36-40. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/8994

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.