OPTIMASI PARAMETER OPERASIONAL TROMMEL SCREEN DALAM PREPARASI BATUAN PEMBAWA LOGAM Mn SKALA LABORATORIUM

OPTIMIZATION OF TROMMEL SCREEN OPERATIONAL PARAMETERS IN THE PREPARATION OF Mn. METAL-BRINGING ROCK LABORATORY SCALE

  • Yusuf Rumbino(1*)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • Noni Banunaek(2)
    Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: trommel_screen, cataracting, mangan, undersize, oversize

Abstract

Pulau Timor memiliki potensi bijih mangan dalam bentuk mineral pyrolusite dan saat saat ini dikelola oleh beberapa investor tambang. Pengambilan mangan melalui proses pemisahan mineral mangan menggunakan system hand sorting dimana para pemilah hanya bisa mengumpulkan bijih mangan yang berukuran diatas 5cm. Hal tersebut disebabkan mangan yang berukuran di bawah 5 cm bercampur aduk bersama tanah pengotor. Penelitian dan uji coba menggunakan trommel screen ini bertujuan mengambil bijih pyrolusite yang masih tertinggal di stockpile menggunakan mekanisme pemisahan antara tanah pengotor yang berukuran -1cm dari mangan yang berukuran -2+1 cm menggunakan trommel screen. Variabel yang dapat mempengaruhi keberhasilan mendapatkan mangan bersih yang telah terpisah dari material pengotor adalah pengaturan kemiringan trommel (o) sebesar 2, 4, 6, 8 dan kecepatan putar trommel (rpm) sebesar 20, 30, 40, 50, 60 yang akan menghasilkan efek cataracting dan cascading yang dapat mempengaruhi peningkatkan material yang lolos (undersize) lubang ayakan. Hasil percobaan digunakan untuk pengukuran efisiensi kinerja alat yang menunjukkan efisiensi pemisahan tertinggi 83,75% pada kemiringan 4 derajat dan efisiensi 82,5 pada putaran 40 rpm.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-11-30
How to Cite
Rumbino, Y., & Banunaek, N. (2022). OPTIMASI PARAMETER OPERASIONAL TROMMEL SCREEN DALAM PREPARASI BATUAN PEMBAWA LOGAM Mn SKALA LABORATORIUM. Jurnal Teknologi, 16(2), 41-44. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/8995

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.