PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA BERLATAR BELAKANG SMK DAN SMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA

COMPARISON OF LEARNING OUTCOMES STUDENTS WITH VOCATIONAL SCHOOL AND HIGH SCHOOL BACKGROUND STUDY PROGRAM IN BUILDING ENGINEERING FACULTY OF TEACHING AND EDUCATIONAL SCIENCES UNIVERSITY OF NUSA CENDANA

  • Marthen Pulingkong(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • Hikmah Oddang(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • Asrial Asrial(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Perbandingan, hasil belajar, mahasiswa, SMK dan SMA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi hasil belajar hasil belajar mahasiswa asal SMK dan SMA ditinjau dari faktor sikap (soft skill), dan pengetahuan serta Menganalisis perbedaan hasil belajar mahasiswa ditinjau dari faktor sikap (soft skill), dan pengetahuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan asal SMK dan SMA angkatan tahun 2018, 2019 dan 2020 yang telah lulus mata kuliah: Bahasa Inggris Teknik, Perkembangan Peserta Didik, Mekanika Tanah, Dan Konstruksi Gambar Bangunan 2 dengan jumlah 168 orang. Teknik sampling dengan proporsional random sampling, yakni pengambilan sampel secara acak dan proporsional pada kedua kategori mahasiwa berdasarkan asal sekolah. Sedangkan teknik perhitungan jumlah sampel dilakukan dengan mengacu pada rumus Slovin. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif dan komparatif. Hasil penelitian tentang kondisi hasil belajar mahasiswa  pada Mata kuliah Bahasa Inggeris asal SMK Cukup Tinggi, sebagaimana rerata empirik sebesar 73, dengan skor teoretik 34 atau 68%. Sedangkan mahasiswa asal SMA dengan rata-rata score 75, dengan skor teoretik 24 atau 60% (kategori Tinggi), Untuk Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik, asal SMK dengan rata-rata skor 75 dengan skor 26 atau 52%, (Cukup Tinggi), untuk mahasiswa asal SMA dengan rata-rata skor 76, dengan skor 22 atau 55 (Cukup Tinggi),  Untuk Mata Kuliah Mekanika Tanah, asal SMK dengan rata-rata skor 75, dengan skor 30 atau 60% (Cukup Tinggi). Sedangkan mahasiswa asal SMA dengan rata-rata skor 75, dengan skor 25 atau 62,5% (Cukup Tinggi),  untuk Mata Kuliah KBG II, asal SMK dengan rata-rata skor 74, dengan skor 15 atau 30% (Cukup Tinggi), untuk  mahasiswa asal SMA dengan rata-rata skor 73, dengan skor 13 atau 32,5% (Cukup Tinggi). Hasil penelitian tentang  perbedaan prestasi belajar hasil belajar mahasiswa asal SMK dan SMA pada mata kuliah Bahasa Inggris Teknik, Perkembangan Peserta Didik, Mekanika Tanah, dan KBG II, menunjukkan tidak ada perbedaan, hal ini dibuktikan dari nilai sig 0,061>0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-11-30
How to Cite
Pulingkong, M., Oddang, H., & Asrial, A. (2022). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA BERLATAR BELAKANG SMK DAN SMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA. Jurnal Teknologi, 16(2), 45-56. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/8997

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.