https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/issue/feed Jurnal Teknologi 2025-11-30T12:47:58+00:00 Yusuf Rumbino yusufrumbino70@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify; line-height: 2em;">Jurnal Teknologi diterbitkan dua kali setahun (Mei dan Nopember) oleh Fakultas Sains dan Teknik ( Sebelumnya bernama Fakultas Teknik) Undana. Jurnal ini menerbitkan Artikel Hasil Penelitian dan Kajian-Kajian Penelitian/Pustaka dalam bidang Teknik yang belum pernah diterbitkan media atau dalam jurnal lain.</p> <p>&nbsp;</p> <hr> https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/26260 ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR DUMP TRUCK HINO 500 FG 235 TI PADA KEGIATAN PENAMBANGAN BATU GAMPING DI CV GRAHA ASRI SELARAS MANULAI II KECAMATAN ALAK KOTA KUPANG 2025-11-30T02:28:36+00:00 Peregrina Melani Pasi peregrinamelani2@gmail.com Yusuf Rumbino yusufrumbino@staf.undana.ac.id Matilda Metboki matildametboki@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan di area tambang batu gamping milik CV Graha Asri Selaras dengan tujuan untuk menganalisis produktivitas alat angkut, konsumsi bahan bakar, dan rasio efisiensi bahan bakar pada kegiatan pengangkutan batu gamping. Jarak total jalan angkut adalah 407 meter yang terdiri dari empat segmen jalan dengan tingkat kemiringan berbeda. Alat angkut yang digunakan adalah <em>dump truck</em> Hino 500 FG 235 TI dengan waktu edar rata-rata 14,26 menit per ritase. Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh nilai <em>load factor</em>, kecepatan putaran mesin (RPM), tahanan gulir (<em>rolling resistance</em>), dan tahanan tanjakan (<em>grade resistance</em>) terhadap konsumsi bahan bakar per jam. Nilai konsumsi bahan bakar saat bermuatan tercatat sebesar 3,574 liter/jam dengan load factor 0,63 dan rentang RPM 1200–2100. Sedangkan saat kosong, konsumsi bahan bakar adalah 2,836 liter/jam dengan load factor 0,50 dan RPM 1100–1500. Hasil analisis menunjukkan bahwa produktivitas alat angkut per jam mencapai 35,87 m³/jam dan konsumsi bahan bakar total mencapai 6,41 liter per jam. Rasio bahan bakar terhadap produktivitas adalah 0,1787 liter/m³. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa efisiensi pengangkutan dipengaruhi secara signifikan oleh kondisi jalan, beban muatan, dan pengaturan RPM selama kegiatan pengangkutan.</p> 2025-11-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/26262 PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 SOE 2025-11-30T02:36:32+00:00 Sariati Boimau sariatiboimau84@gmail.com I Made Parsa madeparsa@staf.undana.ac.id Renold Modok renoldmodok@staf.undana.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada perbedaan pembelajaran menggunakan media video dengan media power point terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Soe (2). Berapa besar perbandingan pembelajaran menggunakan media video dengan media power point terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Soe.</p> <p>Metode penelitian dalam penelitian ini adalah eksperimen, populasinya seluruh siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Soe, sampelnya 34 siswa, variabel penelitiannya adalah variabel bebas yakni pembelajaran menggunakan media video dengan pemebelajaran menggunakan media power point dan variabel terikatnya yaitu kemampuan kognitif siswa, teknik dan instrument pengumpulannya menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan pembelajaran menggunakan media video dengan media power point terhadap kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,007 &lt; 0,05, ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media video dengan siswa yang diajarkan menggunakan media power point terhadap kemampuan kognitif siswa di SMK Negeri 1 Soe. 2) Besar perbandingan yang signitifikan antara pembelajaran menggunakan media video dengan media power point. Berdasarkan hasil uji, nilai signifikandinya sebesar 0,000 &lt; 0,05, maka ada perbandingan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan media video dengan media power point terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X Multimediadi SMK Negeri 1 Soe.</p> 2025-11-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/26263 PEMANFAATAN ABU TEMPURUNG LONTAR DAN SERAT BUAH LONTAR SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DALAM PEMBUATAN PAVING BLOCK 2025-11-30T02:46:05+00:00 Asrial Asrial asrial@staf.undana.ac.id Roly Edyan roly@staf.undana.ac.id Ponsianus Tius ponsitius@gmail.com <p>Penelitian ini memanfaatkan kondisi alam Indonesia maupun pemanfaatan bahan-bahan lokal yang memungkinkan dilaksanakannya pembuatan beton dengan memanfaatkan limbah dari abu tempurung lontar dan serat buah lontar. Usaha penelitian perlu dilakukan untuk mendapatkan suatu alternatif baru dalam teknologi beton, dengan menggunakan abu tempurung lontar dan serat buah lontar sebagai bahan penambah agregat kasar diharapkan dapat menghasilkan kuat tekan beton yang lebih tinggi. Untuk mencapai kuat beton yang baik perlu diperhatikan kepadatan dan kekerasan massanya, karena umumnya semakin padat dan keras massa agregat akan semakin tinngi kekuatan dan keawetannya. Nilai kuat tekan beton yang dicapai sangat ditentukan oleh mutu bahan agregat ini (Dipohusodo, 1994). Namun, bahan baku pembuatan beton selama ini yang diperoleh dari alam cendrung menurun, mondorong peneliti menambahkan bahan-bahan lain yang mempunyai sifat yang sama dengan pembentuk beton dalam campuran beton. Salah satunya adalah pemanfaatan limbah abu tempurung lontar dan serat buah lontar. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui: {1} Untuk mengetahui proses pengolahan abu tempurung lontar dan serat buah lontar dalam pembuatan paving block. {2} Untuk mengetahui proses pengujian paving block yang menggunakan abu tempurung lontar dan serat buah lontar terhadap kuat tekan. {3} Untuk mengetahui kualitas paving block dengan bahan tambahan abu tempurung lontar dan serat buah lontar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen di Laboratorium Pengujian Bahan Teknik Sipil Politeknik Negeri Kupang. Benda uji yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah Paving block Standar dengan kandungan abu tempurung lontar dan serat buah lontar 0%. Dengan variasi abu tempurung lontar dan serat buah lontar 3%, 5%, dan 7%, dari berat semen. Benda sampel uji berbentuk kubus dengan diameter 6 cm x 6 cm x 6 cm, seluruh sampel dirawat dengan perendaman sampai umur pengujian 28 hari. Untuk Komposisi Campuran mengacu pada SNI 03-0691-1996 agar dapat mengetahui komposisi campuran paving block normal. Dari hasil penelitian yang didapatkan dalam penambahan abu tempurung lontar dan serat buah lontar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kuat tekan paving block. Nilai uji kuat tekan paving block normal yaitu 0% sebesar 8,33 Mpa, kemudian meningkat pada persentase 3% sebesar 10,72 Mpa, mutu paving block mulai menurun pada persentase 5% sebesar 8,24 Mpa, kemudian 7% sebesar 1,47 Mpa. Sehingga semakin tinggi persentase abu dan serat yang ditambahkan semakin rendah nilai kuat tekan yang dihasilkan.</p> 2025-11-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/26264 DESAIN PIT DAN PRODUKSI DI PIT MERANTI PT. GLOBALINDO PRIMARAYA 2025-11-30T02:57:22+00:00 Andre Jeusy Ph. Telnoni andretelnoni11@gmail.com Yusuf Rumbino yusufrumbino@staf.undana.ac.id Adept Talan Titu Eki titueki.adept@staf.undana.ac.id <p>Kegiatan penambangan batubara di Indonesia dengan metode tambang terbuka memerlukan perencanaan yang efisien dan aman. Penelitian ini bertujuan merancang desain pit dan penjadwalan produksi bulanan di Pit Meranti PT. Globalindo Prima Raya dalam wilayah kerja PT. Sembilan Tiga Perdana, Kalimantan Tengah. Fokus penelitian mencakup penentuan batas pit, geometri jenjang, jalan angkut, serta pemilihan alat gali-muat dan angkut untuk mencapai target produksi Januari 2025. Data yang digunakan meliputi topografi, sebaran batubara, <em>cycle time</em>, dan ketersediaan alat berat. Desain pit dilakukan menggunakan MineScape 5.7 dengan batas stripping ratio maksimal 10:1, menghasilkan geometri jenjang 10 m tinggi, 8 m lebar, dan sudut lereng 45°–55°. Evaluasi produktivitas dan <em>match factor</em> menunjukkan nilai ideal (MF = 1) untuk kegiatan <em>overburden</em> dan <em>coal getting</em>. Penjadwalan produksi Januari disusun dengan mempertimbangkan peningkatan efisiensi kerja alat berat.</p> 2025-11-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/26265 DESIGN PIT DAN PENJADWALAN PRODUKSI DI PIT MERANTI PT. GLOBALINDO PRIMA RAYA 2025-11-30T03:05:25+00:00 Isidorus Laga Wuwur Ruslywuwur21@gmail.com Yusuf Rumbino yusufrumbino@staf.undana.ac.id Adept Talan Titu Eki titueki.adept@staf.undana.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain pit dan penjadwalan produksi penambangan batubara dan overburden di Pit Meranti PT. Globalindo Prima Raya untuk mencapai target produksi bulan Desember. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data lapangan, perhitungan produktivitas alat gali muat dan angkut, serta pemodelan desain pit menggunakan perangkat lunak Minescape 5.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mencapai target produksi sebesar 174.795 BCM overburden dan 16.795 MT batubara, dibutuhkan 4 fleet untuk overburden removal dan 4 fleet untuk coal getting. Desain pit disusun berdasarkan topografi akhir bulan November dan geometri jenjang perusahaan, dengan stripping ratio sebesar 10. Desain tersebut memenuhi batas stripping ratio ekonomis dan memperhatikan aspek teknis seperti lebar jalan angkut dan kemiringan jalan. Dengan desain dan penjadwalan yang tepat, perusahaan dapat mengoptimalkan operasional tambang dan meningkatkan efisiensi produksi batubara.</p> 2025-11-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/26266 OPTIMASI PRODUKSI DAN PENJADWALAN ALAT GALI-MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN BIJIH NIKEL DI PT. SUMBER PERMATA MINERAL, MALINO, KABUPATEN MOROWALI UTARA, PROVINSI SULAWESI TENGAH 2025-11-30T03:13:52+00:00 Marco De Aviano Raka Mrcpratama47@gmail.com Yusuf Rumbino yusufrumbino@staf.undana.ac.id Robertho Kadji roberthokadji@staf.undana.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan produksi dan menyusun penjadwalan alat gali-muat serta alat angkut pada kegiatan penambangan bijih nikel di PT. Sumber Permata Mineral. Fokus penelitian dilakukan pada tim 2 Manis yang beroperasi di pit A dan berencana membuka area baru di pit B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbasis analisis teknis-operasional dengan variabel utama meliputi produktivitas alat, efisiensi kerja, cycle time, dan keserasian alat (<em>match factor</em>). Optimasi penjadwalan dilakukan menggunakan metode <em>Integer Linear Programming</em> (ILP) dengan jumlah alat tetap dan variabel keputusan berupa waktu kerja (bulan) untuk mencapai target produksi.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi aktual di pit A mampu melampaui target produksi 30.000 ton/bulan, namun jumlah alat angkut yang terbatas menyebabkan target pengangkutan belum optimal. Penambahan dump truck dari dua menjadi empat unit meningkatkan <em>match factor</em> dari 0,5 menjadi 1 sehingga produksi bulanan ke <em>stockpile</em> tercapai. Berdasarkan hasil optimasi ILP, kapasitas <em>backfilling</em> OB dengan empat <em>excavator</em> mencapai 316.689 ton/bulan, sedangkan kapasitas <em>ore getting</em> dengan tiga <em>excavator</em> sebesar 51.417 ton/bulan. Hasil penjadwalan menunjukkan keseimbangan antara kegiatan OB dan <em>ore</em> perlu dijaga melalui rotasi alat antar pit untuk meminimalkan waktu tunggu <em>(idle time</em>).</p> 2025-11-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/26267 PEMETAAN TEROWONGAN BAWAH TANAH DENGAN METODE GEOLISTRIK PADA LOKASI GUDANG MINYAK BONEN, KABUPATEN KUPANG 2025-11-30T03:23:30+00:00 Yohanes S.M.C Leba lebakelvin23@gmail.com Noni Banunaek nbanunaek@gmail.com Ika F. Krisnasiwi ikafitri_0102@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberadaan terowongan bawah tanah peninggalan Tentara Jepang di Kampung Bonen, Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, dengan menggunakan metode geolistrik konfigurasi Wenner. Terowongan ini merupakan bagian dari situs sejarah penting yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai objek wisata minat khusus maupun konservasi budaya. Metode geolistrik digunakan karena mampu mendeteksi perbedaan resistivitas bawah permukaan yang dapat mengidentifikasikan adanya rongga atau struktur tidak homogen seperti terowongan. Penelitian dilakukan pada lima lintasan pengukuran dengan spasi elektroda 2–3 meter, menggunakan perangkat <em>Res2Dinv</em> untuk proses inversi data dan visualis penampang bawah permukaan. Hasil interpretasi menunjukkan adanya variasi nilai resistivitas antara 0,0068 hingga 141 Ωm, yang mengindikasikan keberadaan lapisan lempung, napal, dan gamping. Zona resistivitas tinggi di beberapa lintasan menunjukkan indikasi keberadaan rongga yang konsisten dengan posisi terowongan berdasarkan pemetaan 3D menggunakan <em>Total Station</em>. Meskipun terdapat sedikit perbedaan arah dan bentuk, hasil penelitian membuktikan bahwa metode geolistrik efektif digunakan untuk mendeteksi struktur bawah permukaan seperti terowongan.</p> 2025-11-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/26268 EVALUASI SALURAN DRAINASE DI JALAN TRANS SEBA-LIAE KABUPATEN SABU RAIJUA 2025-11-30T03:29:50+00:00 Junianis Ch. Buru egaburu19@gmail.com Ketut M. Kuswara ketutmahendra@staf.undana.ac.id Paul G. Tamelan pgtamelan@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kondisi dan dimensi saluran drainase saat ini untuk mendukung fungsi drainase perkotaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai intensitas curah hujan (I) sebesar 0.954 mm/jam. Nilai kemiringan saluran sebesar 0,0033 dan waktu konsentrasi yang dibutuhkan saat air hujan pada titik awal hulu hingga pada titik hilir saluran didapatkan 17,87 menit. Dengan hasil akhir didapatkan debit banjir rencana (Qr) sebesar 0.00198 m3/detik dengan kecepatan aliran sebesar 0,610 m/detik. Hal ini menunjukan bahwa sebenarnya kapasitas tampung saluran drainase jalan raya masi bisa menampung air hujan yang turun, tetapi dengan adanya sampah sertah tumbu-tumbuhan yang hidup didalam drainase mengakibatkan terjadinya genangan air atau banjir di jalan raya.</p> 2025-11-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##