Generasi Milenial Cakap Digital; Penyuluhan dan Pendampingan Remaja di Kelurahan Bakunase Nusa Tenggara Timur
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang ada perlu diimbangi dengan keterampilan digital agar dapat
melakukan penyesuaian yang wajar. Pemerintah Indonesia terus mendorong literasi digital ini secara
nasional. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan yang dilakukan di Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur
berupa 1) pemberian informasi tentang literasi digital, 2) pencarian informasi pelatihan digital dan analisis
untuk kegiatan akademik sekolah, dan 3) pelatihan bijak media sosial dan menciptakan informasi digital
yang edukatif. Pemuda GMIT REHOBOT PAR Kecamatan Bakunase Kota Kupang – Nusa Tenggara Timur
yang berjumlah 22 orang dilibatkan dalam kegiatan ini. Kegiatan dilaksanakan setiap hari Sabtu, mulai
Minggu I – IV pada bulan Mei. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah materi sosialisasi, diskusi
dan praktek langsung. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap
literasi digital berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Pengetahuan peserta mengenai literasi digital
meliputi pemahaman perangkat digital, aplikasi, mesin pencari, etika dan aturan-aturan yang harus
diperhatikan dalam memanfaatkan dunia digital. Terkait keterampilan, peserta dapat menunjukkan
kemampuan mencari dan menganalisis informasi digital serta menggunakan berbagai macam aplikasi
digital untuk menunjang kegiatan akademik sekolahnya