Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru di Kabupaten Sabu Raijua

  • Rolens Erens H. Riwu Manu(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Markus U.K. Yewang(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Ari Data(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Alfridus Mau Manek(4)
    Universitas Nusa Cendana https://orcid.org/0009-0004-7322-7721
  • Agustina Butar Butar(5)
    Universitas Nusa Cendana
  • Juninda Anci Lulan(6)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Penelitian, Tindakan, Kelas

Abstract

Guru-guru tingkat sekolah Dasar dan sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sabu Raijua banyak yang
tidak memahami dengan baik bagaimana penelitian tindakan kelas yang sebenarnya. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut maka dapat dilakukan berbagai pemecahan masalah yaitu salah satunya
melakukan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di Kabupaten Sabu Raijua. Target dari program
pengabdian masyarakat ini adalah 1) Adanya peningkatan penerapan iptek bagi guru, 2) Guru mampu
memahami penelitian tindakan kelas yang sebenarnya 3) Hasil dari PTK guru. Metode pengabdian
perencanaan (survei awal dan penyusunan materi terkait prosedur melakukan penelitian Tindakan
kelas), pelaksanaan (Penjelasan/Coaching clinic materi penelitian tindakan kelas dengan mitra dan
pelatihan dan praktik penelitian tindakan kelas, analisis data dan yang terakhir melakukan evaluasi atau
refleksi. Hasik meningkatkan profesionalitas melalui kegiatan penelitian tindakan kelas yang dapat
dikembangkan. Ditunjukan dengan pertanyaan dan tanggapan yang diberikan selama kegiatan
pengabdian. Sebagian besar (90%) peserta telah memahami PTK, arti penting PTK dan bagaimana
menyusun proposalnya.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-12-07