Pendampingan Guru dalam Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas Bagi para Guru di SDK Santo Yoseph Noelbaki Kabupaten Kupang

  • Moses Kopong Tokan(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Mbing Maria Imakulata(2)
    Universitas Nusa Cendana Kupang
  • I Wayan Sukarjita(3)
    Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Marsi D. S. Bani(4)
    Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Renold H. Modok(5)
    Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Maryanto C. Honin(6)
    Universitas Nusa Cendana Kupang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Tindakan kelas, pendampingan, publikasi, artikel ilmiah

Abstract

Sebagian besar guru di NTT belum memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian tindakan kelas dan mempublikasikannya. Begitu juga dengan guru-guru SDK Santu Yoseph Noelbaki Kabupaten Kupang. Kemampuan ini membantu guru untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi dalam kelasnya dan mempublikasikannya agar dapat diketahui oleh orang lain, sekaligus sebagai media berbagi pengalaman dalam penelitian. Kegiatan ini dilaksanakan di SDK Santu Yoseph Noelbaki Kabupaten Kupang secara luring dalam bentuk pendampingan penulisan proposal. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 29 orang dari target 20 orang. Peserta kegiatan berasal dari SDK  dan SMPK Santu Yoseph Noelbaki Kabupaten Kupang. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan tahapan penyajian materi tentang PTK, penulisan proposal, pelaksanaan PTK, penulisan laporan PTK, penulisan artikel dan publikasi artikel. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah para guru memiliki pehamanan yang cukup komperhensip terhadap PTK, mampu menghasilkan proposal PTK, mampu melakukan PTK dan mampu melakukan publikasi karya ilmiah pada jurnal nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2025-05-31