Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling Merancang Program Layanan Inovatif melalui Pendampingan dan Workshop

  • Rizky Mayesita Aryance Abel(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • I Putu Agus Apriliana(2*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Fransiska Atrik Halim(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Fera Ratna Dewi Siagian(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: guidance and counseling, seven habits, school counselor, service program, community engagement

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru Bimbingan dan Konseling dalam merancang dan mengelola program layanan bimbingan dan konseling yang kontekstual, aplikatif, dan sesuai dengan karakteristik siswa, serta mengintegrasikan nilai-nilai tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat. Metode pelaksanaan mencakup sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi terhadap Guru BK SMP se-Kabupaten Kupang. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek pemahaman dan keterampilan peserta. Evaluasi diri juga menunjukkan peningkatan skor dari rata-rata <4 menjadi >6. Program BK yang disusun peserta dinilai baik (mean = 8,4) dan telah memenuhi seluruh indikator sesuai Permendikbud No. 111 Tahun 2014. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa peserta mampu mengimplementasikan program secara sistematis dan sesuai konteks sekolah masing-masing. Kegiatan ini terbukti efektif dalam memperkuat kapasitas profesional guru BK dan mendorong pengembangan program layanan bimbingan dan konseling yang berkualitas dan berbasis karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2025-12-15