Pengembangan Manajemen Layanan Perpustakaan Berbasis Aplikasi “UMMA PANDE” untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SDN Weetabula II, Sumba Barat Daya

  • Vera Rosalina Bulu(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Nixon J. Meok(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Lolang Maria Masi(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: literasi membaca, perpustakaan digital, aplikasi UMMA PANDE, sekolah dasar.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SDN Weetabula II, Sumba Barat Daya, yang menghadapi permasalahan rendahnya minat baca siswa, keterbatasan koleksi, dan manajemen perpustakaan yang masih manual. Kondisi tersebut menyebabkan layanan perpustakaan kurang optimal dan tidak mampu mendorong budaya literasi. Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan aplikasi UMMA PANDE sebagai sistem manajemen layanan perpustakaan berbasis digital untuk meningkatkan akses bacaan dan efisiensi pengelolaan. Metode pelaksanaan meliputi analisis kebutuhan mitra, perancangan aplikasi, implementasi sistem, pelatihan penggunaan bagi guru dan pengelola, serta pendampingan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keteraturan manajemen koleksi, percepatan layanan peminjaman dan pengembalian buku, serta tumbuhnya minat baca siswa karena akses lebih mudah dan menarik. Kesimpulannya, aplikasi UMMA PANDE menjadi solusi inovatif yang efektif dalam mengatasi keterbatasan manajemen perpustakaan sekaligus mendukung peningkatan literasi siswa di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2025-12-15