Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru Profesional Lulusan PPG LPTK FKIP Undana di Kabupaten Timor Tengah Utara

  • Hiwa Wonda(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • I Made Parsa(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • I Gusti Ngurah Budiana(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Amirudin Supu(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • Andreas Ande(5)
    Universitas Nusa Cendana
  • Malkisedek Taneo(6)
    Universitas Nusa Cendana
  • Jakobis J. Messakh(7)
    Universitas Nusa Cendana
  • Damianus D Samo(8*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Renold H. Modok(9)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurikulum Merdeka menekankan fleksibilitas dalam proses pembelajaran, penguatan karakter, serta pemberian ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Salah satu strategi utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi memiliki konsep teoritik yang baik namun dalam praktiknya tidak mudah yang ditemui dalam berbagai kondisi di lapangan termasuk guru-guru profesional di kabupaten TTU. Adapun masalah mitra ini adalah 1) keterbatasan pemahaman mengenai kurikulum merdeka dan pembelajaran berdiferensiasi, 2) kurangnya keterampilan guru dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi. Solusi dari masalah ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan penguatan kompetensi pedagogi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Hotel Ariesta Kefa pada Sabtu, 12 April 2025. Peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru alumni PPG LPTK FKIP Undana sebanyak 90 orang. Hasil kegiatan menunjukan adanya perbedaan rata-rata peningkatan pemahaman guru sebelum dan setelah kegiatan pelatihan terkait pemahaman kurikulum merdeka dan pembelajaran berdiferensiasi

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2025-12-15